Viral, Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw promosi Kabaintelkam

Papuaunik, – Viral, beredar surat telegram nomor ST/318/II/KEP/2021 yang berisi sejumlah nama perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) Polri yang mendapat promosi jabatan.

Dari ST tersebut, disebutkan sejumlah nama yang mendapat promosi jabatan, salah satunya termasuk Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw yang kini masih menjabat sebagai Kapolda Papua, selain Komjen Pol Agus Andrianto yang mendapat promosi dari Kabarhakam menjadi Kabareskrim Polri.

Alumni Akpol 1987 itu dalam ST berada dinomor empat promosi jabatan yang akan mengisi pos sebagai Kepala Badan Intelijen Keamanan (Kabaintelkam) Polri, yang secara otomatis akan naik setingkat lebih tinggi, dari bintang dua ke bintang tiga.

Promosi ini akan tercatat dalam lembaran korps Bhayangkara bahwa putra asli Papua akan menyandang bintang tiga dipundaknya, sekaligus menjadi sejarah untuk pertama kali yang nantinya bisa memotivasi putra-putri asal Bumi Cenderawasih untuk berkarir dan berkarya di institusi tersebut.

Suami dari Roma Megawati Pasaribu itu, telah banyak mengukir prestasi dan bahkan mungkin belum ada di jajaran yang ditekuninya itu, yang bisa ikuti jejaknya menjabat sebagai kapolda sebanyak empat kali. Yakni Kapolda Papua Barat 2014-2015, Kapolda Papua 2015-2017, Kapolda Sumatera Utara 2017-2018 dan merujuk pada TR ST 2569/IX/
KEP/2019 kembali dipercayakan memimpin Polda Papua saat isu rasisme merebak.

Mendapat job sebagai Kabaintelkam, bukanlah hal yang baru atau asing dalam dunia intelijen bagi ayahanda dari Raisa Serafina Waterpauw, Denzel Piereto Waterpauw dan Ruth Emmanuella Waterpauw, karena kebanyakan dari karir dimasa mudanya menjadi perwira pertama sudah sudah malang melintang di dunia tersebut, bahkan sebelum menjabat sebagai Kapolda Sumut terlebih dahulu sebagai Wakabaintelkam selama tiga bulan.

Apresiasi

Ucapan selamat dan bangga pun datang dari beragam kalangan, ada yang mengunggah di media sosial Facebook bersama potongan gambar ST yang tengah viral, bahkan ada yang menyampaikan ucapan selamat digrup-grup aplikasi media sosial untuk sang jenderal Polri asal Papua itu.

Salah satu ucapan itu berasal dari Marinus Yaung, akademisi Universitas Cenderawasih (Uncen) di akun Facebook-nya. “Selamat dan sukses untuk Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw untuk promosi bintang tiga dan menduduki jabatan Kabaintelkam di Jakarta.”

Vicky Abaidata, politisi muda Partai Golkar juga membagikan gambar dalam grup aplikasi pesan yang berafiliasi dengan Facebook dan berisi ucapan selamat. “Akhirnya jadi Komjen, selamat dan sukses untuk kakak jenderal terbaik,” tulis Vicky.

Terkait promosi jabatan ini, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan mutasi jabatan ini merupakan hal yang biasa dilakukan di lingkungan organisasi Polri.

“Dan dengan adanya mutasi jabatan maka kontinuitas terhadap pelaksanaan program kerja yang telah dirumuskan akan berjalan secara efektif dan terjadi peningkatan kualitas kinerja kesatuan, baik dalam bidang pembinaan maupun operasional,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, mutasi jabatan dilingkungan Polri juga merupakan salah satu proses dari pembinaan Sumber Daya Manusia melalui regenerasi struktural untuk mengisi jabatan strategis pada tubuh institusi Polri guna kepentingan organisasi.

Diketahui berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor ST/318/II/KEP./2021 tanggal 18 Februari 2021. Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw dan Wakapolda Papua Brigjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K mendapat Promosi Jabatan.

Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Papua akan menduduki jabatan baru sebagai Kabaintelkam Polri dan akan digantikan oleh Brigjen Pol. Mathius D. Fakhiri S.I.K yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Papua.

‘Kombes Pol. Dr. Eko Rudi Sudarto, S.I.K, M,Si yang sebelumnya menjabat sebagai Kabagopsnalev Korbinmas Baharkam Polri akan menduduki Jabatan baru sebagai Wakapolda Papua,” sebut Kamal.(Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 + = 7