Alasan DAP bangga kepada Billy Mambrasar wakili Papua ditingkat nasional

Papuaunik, – Dewan Adat Papua (DAP) wilayah adat Domberay menyambut kedatangan Staf Khusus Presiden RI, Joko Widodo, dengan di pimpin langsung oleh Ketua Dewan Adat Papua (DAP) Wilayah Adat Domberay Paul Finsen Mayor pada Kamis.

Pertemuan ini dalam rangka untuk melakukan diskusi yang bertujuan untuk menampung aspirasi masyarakat untuk percepatan pembangunan wilayah Papua dan Papua Barat.

Sebelum diskusi berlangsung, Billy disambut dengan upacara adat injak Piring (Mansorandak), secara adat Biak, diikuti dengan pengalungan kalung tradisional, sebagai tanda kebahagiaan atas kedatangannya.

Billy Mambrasar dalam kata sambutanyanya mengatakan, bahwa Inpres No. 9 Tahun 2020, dan Kepres No. 20 tahun 2020, dikeluarkan untuk percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat.

“Kami sebagai orang Papua sangat apresiasi dengan adanya Inpres No.9 tahun 2020 yang dikeluarkan oleh Presiden Jokowi, hal itu dibentuk untuk percepatan dan pemerataan pembangunan di dua Provinsi Paling Timur Indonesia ini,” sambut salah satu peserta diskusi, merespons penjelasan Billy Mambrasar, pria kelahiran Serui Kepulauan Yapen Papua.

Diketahui bahwa pada tanggal 8 Oktober 2020 Presiden RI, Joko Widodo menginstruksikan percepatan pembangunan Papua dan Papua Barat, melalui Inpres No. 9 tahun 2020, yang bertujuan untuk melakukan pendekatan tata kelola pemerintahan yang baik, terbuka, dan partisipatif yang didukung oleh sistem pemerintah berbasis elektronik (SPBE) dan kebijakan yang berbasis data dan informasi.

Dalam kesempatan yang sama, Billy Mambrasar juga meminta DAP agar mendukung Gerakan Papua Muda Inspiratif, dalam menciptakan wirausahawan Muda Asli Papua untuk mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat Papua yang disambut Positif oleh DAP.

Dalam diskusi tersebut, Billy Mambrasar menampung kurang lebih delapan aspirasi besar dari peserta yang hadir di kantor Dewan Adat Papua wilayah adat Doberay tersebut. 8 Aspirasi tersebut mencakup Pendidikan, yaitu permintaan pemerataan Pendidikan melalui konsep sekolah berasrama dan sekolah unggulan untuk anak-anak asli Papua, lalu permasalahan anak-anak Papua yang putus sekolah, aspirasi dan permintaan pemberian akses bagi wanita Papua untuk dapat berkarya, dan juga beberapa hal lain yang berhubungan dengan pembangunan sarana dan pra sarana untuk seniman asli Papua, dan sasana Olahraga untuk atlit-atlit muda asli Papua.

Merespons kedatangan Billy Mambrasar, ketua Dewan Adat Papua (DAP) Mananwir Paul Mayor menilai Billy Mambrasar sangat mewakili anak muda Papua yang berkarir dilevel nasional.

“Billy Mambrasar telah menjadi simbol kebanggaan masyarakat Papua dengan peran yang dia mainkan dilevel nasional, dan kami semua bangga, dan berharap Billy dapat menjadi penerus aspirasi masyarakat Papua langsung ke telinga Presiden”, Ujar Mananwir Paul Mayor dalam diskusi tersebut.

Seperti diketahui, Billy Mambrasar adalah salah satu dari 11 Staf Khusus Presiden RI Joko Widodo, yang ditunjuk sejak Bulan November 2019. Billy diberi mandat untuk fokus menjadi penasihat presiden dalam area pembangunan di 4 Bidang yaitu: Inovasi dan Kewirausahaan, Pendidikan, Pemuda, dan Pembangunan Indonesia timur, khususnya Papua dan Papua Barat, Tanah Kelahirannya. (Tim Media Billy Mambrasar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

78 + = 83