Kapolda Papua resmikan Mako Polsek Abepura

Papuaunik, – Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw meresmikan gedung Mako Polsek Abepura yang terletak di Jalan Dewi Sartika, Kelurahan Kota Baru, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Selasa pagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolda Papua Brigjen Pol Mathius D Fakhiri S.IK, Irwasda Polda Papua Kombes Pol Alfred Papare, S.IK, Karo SDM Polda Papua Kombes Pol. Ade Djaja Subagja, Karo Rena Polda Papua Kombes Pol Sugeng Harianto, Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Gustav R. Urbinas, Wakapolresta Jayapura Kota AKBP Supraptono, S.Sos, M.Si, dan PJU Polresta Jayapura Kota, serta Kapolsek Abepura AKP Clief Gerald Philipus Duwith, SE, S.IK

“Di hari yang baik dan penuh berkah ini. Marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena pada hari yang berbahagia ini, kita dapat berkumpul bersama untuk menghadiri acara peresmian gedung Polsek Abepura,” katanya mengawali sambutan.

Menurut dia, gedung itu bisa berdiri seperti sekarang ini, itu semua berkat dukungan dan usaha semua pihak serta juga berkat doa-doa sehingga apa yang telah diperjuangkan selama ini menjadi kenyataan.

Dengan adanya gedung Polsek Abepura yang baru ini, diharapkan akan menambah semangat untuk lebih dapat meningkatkan kinerja dari yang telah dikerjakan selama ini.

“Perlu saya ingatkan bahwa pembangunan gedung tersebut menelan biaya yang tidak sedikit dengan total telah menelan biaya Rp3.208.424.000 (tiga miliar dua ratus delapan juta empat ratus dua puluh empat ribu rupiah) sesuai dengan Dipa Polresta Jayapura Kota pada belanja modal Tahun Anggaran 2019 dengan pengesahan dipa nomor: sp dipa-060.01.2.647664/2019 tanggal 05 Desember 2018,” katanya.

Pembangunan Mapolsek ini, lanjut Kapolda, dimulai pada 23 Maret 2019 dengan masa kerja selama 180 hari kalender dan dapat terselesaikan pada 19 september 2019. “Saya selaku Kapolda Papua mengapresiasi kepada Kapolresta Jayapura Kota dan seluruh pihak yang telah turut membantu dan berupaya dengan maksimal hingga terselesaikannya pembangunan gedung Polsek Abepura,” ujarnya.

“Saya sangat berharap agar gedung ini menjadi tempat yang nyaman, bersahabat dan menjadi tumpuan untuk menyelesaikan masalah-masalah kemasyarakatan mengingat wilayah hukum Polsek Abepura ini mempunyai wilayah hukum yang luas hingga membackup wilayah Heram Waena,” katanya.

Kepada seluruh personel Polsek Abepura, Kapolda berpesan untuk menjaga dan memelihara bangunan kantor yang sudah ada dengan sebaik-baiknya. Pemeliharaan yang baik dan benar akan memberikan kenyamanan dalam bekerja serta akan memperpanjang usia pakainya yang tentu saja akan memberikan penghematan dalam penggunaan anggaran.

Tingkatkan kinerja setiap petugas Polri khususnya personil Polsek Abepura sebagai jawaban atas peningkatan sarana dan prasarana yang sudah ada serta hindarkan dari setiap, perbuatan, perkataan, tindakan dan sikap yang kontraproduktif dengan prinsip-prinsip pelayanan yang prima.

“Jadikan setiap kantor Polisi menjadi Rumah bagi masyarakat dalam menyelesaikan setiap masalahnya. Oleh karena itu, tingkatkan pengetahuan personil dari berbagai aspek guna membantu dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat,” pintanya.

Kepada Kapolresta Jayapura Kota melalui Kapolsek Abepura, lanjut Kapolda, agar mengatur dengan baik dan nyaman ruang SPKT dan penjagaan supaya masyarakat yang datang di Polsek Abepura dapat terlayani dengan baik.

“Akhirnya, dengan mengucapkan puji syukur kehadirat tuhan yang maha esa pada hari ini, Selasa tanggal 26 Januari 2021 pukul 11.00 wit, gedung polsek abepura, “saya nyatakan resmi digunakan selamat bekerja, tunaikan tugas dengan sebaik-baiknya, jadikan kepercayaan masyarakat sebagai salah satu standar keberhasilan pelaksanaan tugas Polri,” katanya.

“Kiranya Tuhan yang maha kuasa senantiasa memberikan bimbingan, petunjuk dan perlindungan kepada kita sekalian dalam meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara,” kata Kapolda.

Sementara itu, Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Gustav R Urbinas mengatakan, “Saya atas nama pribadi dan keluarga serta selaku pimpinan Polresta Jayapura Kota dengan diresmikannya gedung Polsek Abepura yang baru, saya berharap kepada seluruh personel Polsek Abepura dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Ia juga mengungkapkan bahwa rencanan tahun ini akan ada pembangunan markas Polsek Jayapura Utara dan Barak Dalmas serta kediaman Kapolresta Jayapura Kota.

“Kami juga mendapatkan dana hibah seluas 5.000 Meter di wilayah Arso, Kabupaten Keerom. Kami meminta maaf kepada Kapolda Papua atas keterlambatan operasionalnya karena ada kekurangan fasilitas sehingga kami belum bisa segera meresmikan bangunan Mako Polsek Abepura sebelumnya,” ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa gedung Polsek Abepura yang baru itu seluas 305 M2 yang terdiri dari dua lantai dan berdiri diatas lahan seluas 1.480 M2 sehingga diharapkan para anggota termotivasi dalam melaksanakan tugas dengan semangat kerja keras serta tidak mengenal lelah.

“Pelaksanaan tugas Polri saat ini masih dihadapkan dengan berbagai tantangan yakni dengan adanya tuntutan dan harapan dari masyarakat untuk senantiasa meningkatkan kinerja serta pelayanan di bidang Kepolisian yang dinilai masih belum maksimal,” katanya.

Tantangan dan harapan masyarakat terhadap Polri tersebut dalam rangka dapat memberikan rasa aman dan tentram, memberikan pelayanan dengan moto Polresta Jayapura Kota cepat, tepat, tuntas dan tidak mempersulit dalam menyelesaikan masalah, mampu mengantisipasi dan mencegah terjadinya gangguan kamtibmas serta penegakkan hukum yang profesional, proporsional, tegas, jujur dan adil terutama terhadap kejahatan yang meresahkan masyarakat yang didukung dengan terjaminnya transparansi proses penyidikan perkara.

“Saya yakin tugas kita ditahun 2021 ini akan lebih menantang dibanding tahun-tahun sebelumnya secara khusus dalam menghadapi pelaksanaan Pam PON XX tahun 2021 di Provinsi Papua khususnya wilayah Kota Jayapura. Tentunya tantangan ini akan selalu kita jawab dengan kerja keras dan upaya yang sungguh-sungguh dengan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Peresmian gedung baru Polsek Abepura itu ditandai dengan penandatanganan batu prasasti dan pengguntingan pita dipintu masuk oleh Kapolda Papua dengan harapan dapat memberikan semangat dan spirit yang baru pada jajaran personil Polsek Abepura dalam melayani masyarakat Disrik Abepura dan sekitarnya.

Pada momentum itu, Kapolda Papua bersama PJU dan Kapolresta Jayapura Kota didampingi Kapolsek Abepura berkeliling dalam gedung, berpose bersama dan diakhiri dengan makan bersama. Kegiatan itu berjalan aman dan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.(Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

61 − 59 =