Kapolda Papua pantau langsung pilkada susulan Boven Digoel

Papuaunik, – Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw, didampingi Danrem 174/ATW Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko, Ketua KPU Provinsi Papua selaku KPUD Boven Digoel Theodorus Kosay, dan anggota komisioner Bawaslu Provinsi Papua Ronald Manoack memantau langsung pelaksanaan pilkada susulan di Kabupaten Boven Digoel, Senin.

Selain itu, nampak pula Irwasda Polda Papua Kombes Pol Alfred Papare, S.IK, Karolog Polda Papua Kombes Pol Sus Eddi Tavip, Direktur Intelkam Polda Papua Kombes Pol Guntur Agung Supono, SIK, MSi, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH, Kapolres Boven Digoel, AKBP Syamsurijal, SIK, dan Dandim 1711/BVD Letkol Czi. Daniel Panjaitan.

Kunjungan Kapolda Papua ini dalam rangka meninjau dan memastikan pemilu susulan yang sedang berlangsung di Kabupaten Boven digoel agar berjalan aman dan lancar.

“Saya bersama Danrem Merauke, Irwasda dan beberapa Pejabat Utama Polda Papua bahwa kegiatan pilkada susulan ini memang menjadi perhatian dari pimpinan kita di pusat dan tadi saya bersama Danrem, Kapolres dan Dandim berkeliling melihat secara langsung sudah ada beberapa TPS yang telah selesai melaksanakan pemungutan suara,” katanya.

Untuk aktivitas masyarakat, kata jenderal bintang dua Polri itu, berjalan seperti biasa, namun personil dilapangan akan terus memonitor perkembangannya.

“Saya berharap semua pasangan calon menerima hasil rekapitulasi baik di tingkat distrik maupun kabupaten dan bersama sama menjaga situasi di Boven Digoel tetap aman dan kondusif,” katanya.

“Saya mendapatkan laporan adanya keterlambatan pendistribusian logistik namun tadi pagi saya sudah mendapat laporan bahwa logistik sudah sampai dalam keadaan aman. Bagi kami yang penting adalah situasi ini tetap kondusif dan yang menjadi atensi dari kami adalah penyelenggara apa yang menjadi kendala agar segera di benahi,” sambungnya.

Ia menegaskan bahwa TNI dan Polri siap membantu apapun itu demi kelancaran proses pemilihan susulan ini. “Kami tidak ingin ada logistik yang tersendak ataupun terlambat di karenakan jangan sampai muncul pertanyaan mengapa demikian yang nantinya di khawatirkan akan menimbulkan kesalahpahaman,” katanya.

“Saat ini kita juga masih berada dalam situasi pandemi COVID-19 saya berharap kita bisa menyesuaikan dengan ada kebiasaan baru atau new Normal. Meskipun ada koreksi itu adalah PR kita bersama untuk bagaimana menjaga situasi ini tetap aman dan kondusif serta Pemilu ini tidak melahirkan Klaster baru di tempat ini,” katanya Paulus Waterpauw.

Sementara itu, Danrem 174/ATW Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko mengaku selalu siap membantu rekan-rekan dari Polri guna kelancaran proses pilkada susulan ini baik itu dari perbantuan pengamanan.

“Pada prinsipnya apapun yang di minta oleh Kapolda dan Kapolres kami siap membantu sehingga pelaksanaan pilkada ini bisa berjalan aman dan kondusif,” katanya.

Apalagi, kata dia, pilkada itu merupakan atensi dari pimpinan pusat, yang mana saat ini semua mata tertuju pada Kabupaten Boven Digoel karena permasalahan yang telah terjadi sebelumnya. “Namun kami TNI-Polri dan penyelenggara terus berkoordinasi sehingga permasalahan ini bisa teratasi dengan baik,” ujarnya.

“Besar harapan kami kepada seluruh warga masyarakat agar bersama sama menjaga situasi ini, agar siapa pun yang menjadi pemenang dalam pemilihan ini tetap kita dukung karena inilah konsekuensi dari sebuah perlombaan,” harapnya.(Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 6 = 1