Trikora, Papua bagian dari NKRI

Makna dan arti kata Trikora atau Tri Komando Rakyat adalah salah satu bagian terpenting dalam merebut Irian Barat (Papua) dari tangan Belanda serta menjadi bagian dari sistem mepertahankan dan menjaga kedaulatan bangsa dan negara Indonesia.

Sejarah lahirnya Trikora sendiri berawal dari tidak konsistennya Belanda dalam menempati janji-janjinya untuk menyerahkan Irian Barat ke tangan Indonesia, hal ini tentu membuat Presiden Soekarno dan seluruh rakyat Indonesia merasa di tipu oleh Pemerintah Belanda, sehingga pada tanggal 19 Desember 1961 Presiden Soekarno mengkumandangkan Operasi Trikora di alun-alun utara kota Yogyakarta.

Presiden Soekarno juga membentuk Komando Mandala dan menunjuk Mayjen Soeharto sebagai panglima Komando Mandala, tugas Komando Mandala sendiri adalah mempersiapkan dan menyelenggarakan Operasi Militer untuk merebut Irian Barat dari tangan Belanda.

Isi Trikora sendiri adalah :

Gagalkan Pembentukan Negara Boneka Papua

Kibarkan sang saka Merah Putih di Irian Barat

Bersiap untuk mobilisasi umum untuk mempertahankan kemerdakaan dan kesatuan tanah air bangsa

Dengan melihat isi daripada Trikota sendiri kita bisa melihat bahwa Indonesia sangat serius untuk mempertahankan dan merebut Irian Barat atau Papua, dan kami sebagai Organisasi dan elemen negara DPD Pemuda Mandala Trikora Provinsi Papua merasa perlu untuk menjaga kedualatan bangsa dan negara, sebab para pendahulu kita atau para pahlawan kita dengan susah payah, dengan darah dan keringat merebut dan mepertahankan Irian barat (Papua) sebagai bagian yang sah dari NKRI.

DPD Pemuda Mandala Trikora adalah organisasi yang memiliki nilai historis yang sangat tinggi terhadap perjuangan merebut Irian Barat atau Papua. Dengan melihat kondisi dan keadaan Papua sekarang ini kami sebagai organisasi yang memiliki nilai historis dalam menjaga kedaulatan bangsa dan negara akan selalu bersinergi dengan Pemerintah, TNI dan Polri serta elemen lainnya dalam menjaga kedaulatan bangsa dan negara Indonesia.

Perjuangan generasi muda diera serba digital dan serba modern seperti sekarang ini tentu sangat berbeda jauh dengan para pendahulu kita, jika pada waktu itu para pahlawan kita, khususnya Pahlawan Trikora berjuang dengan senjata , darah dan keringat untuk merebut Irian Barat (Papua l) , maka kami generasi muda tentu harus siap untuk menjaga dan mempertahankan kedaulatan bangsa dan negara. 

Di hari yang bersejarah ini 19 Desember 2020 kami, DPD Pemuda Mandala Trikora juga  meminta dengan tegas kepada  pemerintah pusat melalui beberapa pernyataan sikap kami yaitu :

Pemberantasan korupsi di Papua harus lebih intens lagi, KPK , Kejaksaan dan Kepolisian harus lebih berani lagi untuk memberantas korupsi agar rakyat merasa bahwa negara benar-benar hadir untuk rakyatnya.

Audit dan evaluasi menyeluruh Otonomi Khusus di Papua sehingga rakyat benar-benar dapat merasakan manfaat program tersebut termasuk dananya.

Pemerintah pusat harus benar-benar tegas kepada kelompok-kelompok yang bertentangan dengan prinsip kedaulatan negara di Papua.

Pemerintah harus serius untuk membongkar jaringan penjualan amunisi dan senjata api di seluruh wilayah Papua.

Mendorong pelaksanaan Good Governance dan sistem birokrasi yang bersih, serta bermanfaat bagi rakyat Papua.

Mendorong Pemerintah dan aparat keamanan serta institusi terkait untuk melihat / memberantas perkembangan media sosial di Papua dan melihat oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, serta organisasi-oraganisasi terlarang yang selalu meneror masyarakat dengan berbagai berita hoax dan narasi-narasi kekerasan.

Menolak dengan tegas kelompok organisasi separatis TPN/OPM , KNPB, ULMWP, AMP, NRFPB, dan lain-lain yang selama ini melakukan provokasi, teror dan pembunuhan kepada masyarakat sipil dan aparat serta mendorong untuk di lakukan penegakan hukum terhadap kelompok-kelompok tersebut.

Semoga Papua tetap aman damai dan maju sebagai bagian integral dari Indonesia, DPD Pemuda Mandala Trikora Provinsi Papua juga akan tetap menjadi salah satu elemen dan organisasi yang terus berjuang menjaga dan mepertahankan kedaualatan bangsa dan negara Indonesia, dan selalu menjadi bagian untuk mengontrol berbagai kebijakan dari para pengambil kebijakan di Papua.

”JIKA PARA PENDAHULU SUDAH SUSAH PAYAH DENGAN DARAH DAN KERINGAT UNTUK MEREBUT IRIAN BARAT (PAPUA), MAKA HARI INI KITA SEBAGAI GENERASI MUDA AKAN MENJAGA PAPUA DENGAN JIWA DAN RAGA AGAR TETAP MENJADI BAGIAN YANG SAH , FINAL DAN LEGAL DARI NKRI“                                                               

Ketua DPD           :  Ali Kabiay

Wakil Ketua         :  Saniel Ovide

Sekretaris           :  Yohni Ondi

Sekretaris  II        :  Novario

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 1 = 7