Andreas Rafra, lurah yang menciptakan budaya literasi

Papuaunik, – PT Pertamina (Persero) menyelenggarakan Local Hero Awards 2020 yang dilaksanakan pada tanggal 16-27 November 2020. Ajang ini merupakan penghargaan bagi program-program CSR binaan dari Pertamina di seluruh Indonesia. Pada ajang ini terdapat sejumlah kategori, diantaranya kategori cerdas, kategori hijau, kategori, sehat, kategori berdikari, dan kategori kemitraan.

Andreas Rafra merupakan seorang Lurah Ketsoblak, Kota Tual serta menjadi bagian dari mitra binaan untuk program Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VIII. Melalui sejumlah gagasannya yaitu pembangunan Kampung Literasi melalui taman baca & halte baca di Kelurahan Ketsoblak.

Pada Local Hero Awards 2020 kali ini, Andreas Rafra mewakili PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VIII dalam kategori cerdas. Setelah melewati sejumlah seleksi dan presentasi didepan juri secara virtual.

Andreas Rafra berhasil mendapat juara 3 dalam Local Hero Awards 2020, sebelumnya pada tahun 2019 Andreas Rafra juga masuk kedalam 5 besar Local Hero Awards 2019 namun gagal mendapatkan juara.

Andreas Rafra mengungkapkan dengan berhasilnya meraih juara 3 dalam Local Hero Awards 2020 dapat menjadi momentum baru dalam kebangkitan perjalanan literasi baca yang ada di Kelurahan Ketsoblak.

Mengingat Kota Tual merupakan daerah yang masuk dalam wilayah terpencil dan terluar, sehingga jangkauan pembangunan dan aspek lainnya belum tersentuh secara merata, namun melalui prestasi di Local Hero Awards 2020 ini secara tidak langsung telah meningkatkan nama Kelurahan Ketsoblak, Kota Tual untuk dapat bersaing dengan wilayah lain yang secara pembangunan jauh lebih.

Selain itu Andreas Rafra juga berharap melalui Local Hero Awards 2020 ini merupakan langkah awal dari Kelurahan Ketsoblak untuk menjadi lebih baik demi perwujudan Kelurahan Ketsoblak sebagai Kelurahan Literasi di Kota Tual dan Provinsi Maluku.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua Komunitas Halte dan Taman Baca Ketsoblak, Norman Hawari Renoat dimana turut menyampaikan rasa terima kasih kepada Pertamina atas kepeduliannya dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Ketsoblak melalui program CSR yang diberikan kepada Komunitas baca Kampung Pelangi, dimana sejauh ini Kampung Pelangi terkenal dengan kawasan kumuh dan memiliki kerawanan sosial yang tinggi.

Melalui Local Hero Awards 2020 yang mengusung tema Literasi Baca di Kampung Pelangi ini, dapat menjadi kebangkitan Komunitas Halte dan Taman Baca untuk kedepannya dapat mendukung visi dari Andreas Rafra untuk menjadikan Kelurahan Ketsoblak sebagai kampung wisata literasi agar dapat terealisasi.

Ketua RW.001 RT.001 Kampung Pelangi Drs. Muzni Difinubun, beliau sangat mengapresiasi kegiatan Local Hero Awards 2020. Tentunya pengakuan pahlawan local yang diberikan oleh Pertamina ini agar dapat diikuti oleh pemerintah daerah khususnya kelurahan lainnya di Maluku agar benar-benar dapat berbenah diri mengejar ketertinggalan masayarakatnya.

Tentunya keberadaan literasi baca kampung pelangi ini sendiri bukanlah semata-mata membesarkan aspek literasi baca saja melainkan banyak manfaat yang dapat diterima seperti kebangkitan ekonomi usaha kecil, menurunya angka kriminalitas, pengangguran dan aspek lainya.

Oleh karena itu, Ia sangat mengapresiasi langkah Pertamina dalam pengembangan dan pemberdayaan yang telah dilakukan dan penghargaan kepada setiap pahlawan local yang benar-benar peduli akan kemaslahatan orang.

“Semoga sinergitas ini selalu terjaga dan masyarakat banyak benar-benar dapat merasakan secara langsung program cerdas seperti ini dan akhir kata tanggapan ini kami sampaikan Terima kasih Tak Terhingga kepada Pertamina MOR VIII dan Pertamina FT Tual yang mana selalu mendampingi kami dalam peningkatan program CSR yang ada. Semoga kedepannya Kelurahan Ketsoblak dapat lebih baik dari hari ini,” katanya.

Unit Manager Communication, Relations & CSR MOR VIII , Edi Mangun di tempat terpisah mengungkapkan rasa terima kasih dan syukur kepada Tuhan atas perjuangan yang telah di lakukan oleh Andreas Rafra.

“Harapannya setelah menjadi pemenang ini dapat memberikan karya dan inovasi yang lebih baik lagi ke depannya dan terus semangat dalam menyebarkan kebaikan” tutup Edi.(Humas Pertamina/Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 + = 16