Peserta MTQ nasional asal Papua tembus final

Papuaunik, – Selangkah lagi, Provinsi Papua berhasil menorehkan prestasi diajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional XXVIII di Padang, Sumatera Barat, yang sedang berlangsung pekan ini.

Dua orang peserta lomba dari Provinsi Papua berhasil masuk babak final, Kamis. Dua orang peserta tersebut adalah Fatihah Az Zahra, peserta hafalan Al Qur’an 10 Juz Puteri dan Muh. Faizal, peserta hafalan Al Qur’an 20 Juz Puteri.

Tercatat pula Meidiana Ayuningtyasih sebagai Juara Harapan III Hafalan Al Qur’an 1 Juz dan Tilawah Puteri.

Koordinator Official Alwi Tianlean menyatakan rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Kuasa, serta ungkapan terima kasih pada Gubernur Provinsi Papua dan masyarakat Papua atas pencapaian kafilah Papua pada proses lomba.

“Sangat istimewa dan luar biasa karena pelaksanaan MTQ kali ini berada di masa dan situasi pandemi COVID-19 yang sangat sulit dalam mempengaruhi proses seleksi di tingkat kabupaten/kota dan provinsi. Walaupun demikian kehadiran kafilah Provinsi Papua, sebagaimana kafilah yang lain, tetap dan terus berikhtiar untuk menjadi yang terbaik,” demikian diungkapkan Alwi.

Oleh karena itu kata Alwi, sangat diharapkan dukungan doa dari seluruh masyarakat Papua unruk menjadi yang terbaik di masing-masing cabang lomba yang diikuti, sehingga LPTQ Papua juga bisa membuktikan semboyan “Papua Bisa”.

Menurut Dr. H. Syaiful Muhyidin, tahapan yang harus dilalui dalam pembinaan cukup berat pada masa pandemi. Pembinaan dilaksanakan secara virtual, dengan kendala jaringan untuk berkomunikasi selama latihan dengan peserta di daerah.

Walaupun begitu, tambahnya, pembinaan selama satu bulan lebih bisa dilaksanakan dengan baik, dengan bukti bisa menghasilkan peserta dalam cabang MHQ ini bisa masuk final dalam MTQ Nasional di Padang ini.

“Harapan kami sebagai pelatih cabang MHQ LPTQ provinsi Papua ini, mudah-mudahan dengan adanya peserta yang masuk final ini memberikan support kepada para calon peserta MHQ lain di Provinsi Papua untuk lebih semangat menghafalkan Al-Qur’an supaya menjadi peserta baru di event nasional agar mampu mengharumkan nama provinsi Papua di kancah nasional,” katanya.

MTQ Nasional XXVIII Tahun 2020 di PADANG Sumatera Barat berlangsung dari 12 hingga 20 November 2020. Kafilah Papua mengikuti hampir semua cabang dan golongan lomba.

Cabang lomba yang dipertandingkan adalah Seni Baca Al Qur’an, Qiraat Al Qur’an, Hafalan Al Qur’an, Tafsir Al Qur’an, Fahmil Al Qur’an, Syahril Qur’an, Seni Kaligrafi Al Qur’an, dan Karya Tulis Ilmiah Al Qur’an.(Dewi/Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

24 − 20 =