Presiden Jokowi buka MTQ nasional secara virtual

Papuaunik, – Presiden RI Joko Widodo secara virtual membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional XXVIII 2020 yang diselenggarakan di Padang, Pariaman, Sumatera Barat, Sabtu.

Presiden mengingatkan bahwa nilai-nilai Al Qur’an mengajarkan untuk bekerjasama dalam ketakwaan, meneladani kepribadian Rasulullah SAW, menebarkan kasih sayang dan menjauhi perbuatan yang menyakiti sesama.

Melalui MTQ peserta berkompetisi, berlomba secara sehat, berkontribusi dalam membangun SDM yang unggul, kompetitif, Islami, sesuai akhlak Rasulullah.

“Bukan hanya ajang berlomba namun MTQ juga jalan untuk mengedukasi umat,” kata Presiden Jokowi mengingatkan.

MTQ menurutnya juga sebagai sebentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak umat manusia dengan keislaman yang baik, yang akan memperkuat jati diri dan memperkokoh ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathoniyah, dan ukhuwah bashoriyah.

“Semangat sebagaimana dicontohkan Rasul harus diteladani kita di masa pandemi. Semangat itu adalah ikhlas membantu tanpa membedakan suku, agama, dan ras, berbagi beban dengan sesama.”

Presiden yakin, dengan pertolongan Allah dan ikhtiar Indonesia akan melalui ujian, bangkit dan pulih kembali.

Ia juga menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih pada masyarakat dan pemerintah Sumatera Barat atas semangat, keramahan dan antusiasme dalam penyelenggaraan MTQ.

“Selamat mengikuti MTQ, semoga bermanfaat dan maslahat bagi Tanah Air,” demikian Presiden mengakhiri sambutannya. (Dewi/Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 + 5 =