Gubernur Sumbar sapa kafilah Papua dengan pantun di malam Ta’aruf

Papuaunik, – Kontingen Provinsi Papua mengikuti Malam Ta’aruf Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) di Auditorium Gubernur Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Jumat malam.

Berpantun beruntun, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengucapkan selamat datang pada seluruh kafilah, dengan satu pantun khusus ucapan selamat datang bagi kafilah Papua yang telah datang dari tempat paling jauh di Indonesia.

Gubernur yang telah menjabat selama 10 tahun ini menyampaikan permohonan maaf, atas penyelenggaraan MTQ Nasional di Padang kali ini di masa COVID-19, dengan penerapan protokol yang mungkin membuat kurang nyaman, misalnya, dengan memberikan jamuan makan malam berupa nasi kotak.

Dalam sambutannya yang sarat pantun pula Gubernur mengingatkan peserta untuk mematuhi protokol kesehatan, dan menyampaikan adanya Perda yang mengatur sanksi bagi pelanggar tidak menggunakan masker. Gubernur Irwan Prayitno menorehkan catatan rekor MURI sebagai Kepala Daerah Pencipta Pantun Terbanyak di Dunia pada tahun 2017. Ia juga merilis buku Berpantun Spontan Ala Irwan Prayitno.

Gubernur berlatar belakang akademisi bergelar profesor ini sekaligus mempromosikan pariwisata Sumatera Barat yang telah mulai dibuka pada 1 Juli 2020. Ia membeberkan pariwisata di Sumatera Barat menerapkan protokol kesehatan di masa pandemik ini. Ia mengajak peserta untuk menyempatkan berwisata di sela-sela kegiatan musabaqah.

Hadir pada kesempatan ini Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Republik Indonesia mewakili Menteri Agama RI. Hadir pula mantan Menteri Agama RI Said Agil Husin Almunawar yang juga merupakan Dewan Hakim MTQ Nasional. Selain itu hadir jajaran pejabat Kementerian Agama dan Pemerintah Provinsi serta Forkompimda Sumatera Barat.

Irwan membagikan cindera mata pada seluruh perwakilan peserta dari 32 provinsi, diantaranya buku pantun karyanya. (Dewi/Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 3 = 13