Petugas tes cepat COVID-19 di Bandara Sentani dinilai lakukan pungli

Papuaunik,-Petugas yang melalukan tes cepat kesehatan/rapid test COVID-19 di Bandar Udara Sentani dinilai melakukan pungutan liar, lantaran setiap penumpang diwajibkan rapid test walaupun masa rapid tesnya masih aktif.

Demikian disampaikan Ketua Pemuda Baptis Papua Sepi Wanimbo kepada media Papuaunik, melalui melalui telepon selulernya, Selasa.

“Saya lihat kerja tim COVID-19 di Bandara Sentani ini tidak profesional karena beberapa hari lalu turun dari Wamena , masa waktu surat rapi tes masi aktif lalu mau balik ke Wamena  tapi petugas di Sentani minta untuk tes rapid, berarti ini kan sudah salah, jadi ini sama saja namanya pungutan liar,” katanya.

Menurut dia, mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar perlu diterapkan kepada tim COVID-19 yang bertugas di Bandara Sentani dan Bandara Wamena. Dengan demikian, masyarakat tidak dirugikan dengan tindakan petugas yang berlebihan.

“Saya minta kepada pemerintah untuk segera bertindak dengan tegas, bila pembayaran rapid tes ini masih dilakukan terhadap mereka yang rapid tesnya masih berlaku, sama saja pemerintah sudah melanggar Perpres Nomor 87 Tahun 2016,” ujarnya.

Sepi yang juga anggota Forum Pemuda Kristen di Tanah Papua (FPK-TP) itu  mengajak seluruh pemuda Gereja di Tanah papua untuk mematuhi protokol kesehatan (Prokes).(Tinus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

77 − 68 =