Tokoh adat Sentani resmikan pasar mini BTN Bintang Timur

Papuaunik,- Tokoh adat Sentani yang juga Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jayapura, Patrinus R. N. Sorontou dan Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Jayapura Hermes Felle meresmikan pasar mini perumahan BPD Graha Bintang Timur yang terletak di RT 05/ RW 01 Kelurahan Dobonsolo, Distrik Sentani Kabupaten Jayapura, Jumat.

Pantauan Papuaunik, selain kedua tokoh adat ini, momentum itu juga dihadiri oleh para pejabat lainnya di lingkup Pemerintah Kabupaten Jayapura. Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Jayapura Hermes Felle mengatakan, pasar mini ini diharapkan berperan penting dalam membantu keuangan dan perekonomian warga Perum BPD Graha BTN Bintang Timur di era globalisasi terlebih di masa pandemi COVID-19 saat ini.

“Kami harap pasar mini ini mempunyai peran penting bagi masyarakat sekitar dimasa pademi ini. Pasar ini juga diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat, yang mana melalui pasar ini dapat menunjang kebutuhan keluarga,” katanya.

Dia mengatakan, tentunya pasar ini dibangun semata-mata untuk membantu kesulitan warganya yang punya persoalan keuangan di masa pandemi COVID-19.

“Jadi, dengan adanya pasar min ini, tentunya tidak ada lagi kontak langsung dengan masyarakat lebih luas karena sudah ada tempat belanja di lingkungan sendiri, tetapi juga pedagang sayur dari luar tidak masuk lagi kedalam lingkungan perumahan karena ketersediaan ikan, sayur dan kebutuhan lain sudah ada,” ujarnya.

Lantaran, kata dia,dengan begitu masyarakat sekitar juga dapat terhindar dari penyebaran virus corona yang masih merajalela melalui kontak langsung.

Hermes menjelaskan, pengelolaan pasar mini sepenuhnya dikelola oleh pengurus RT 01 termasuk pedagangnya wajib warga BTN Bintang Timur, karena terbangunnya pasar mulai dari awal hingga rampung dilakukan secara swadaya oleh mereka.

“Secara gotong royong masyarakat bangun pasar ini, dan sumber dananya dari warga sendiri dan bukan bantuan dari pemerintah,” katanya.

Menurut dia, apa yang dilakukan oleh pengurus RT 05/RW 01 ini tentunya menjadi satu contoh yang baik bagi RT/RW yang lainnya. Hermes memberikan apresiasi yang tinggi kepada warga yang secara swadaya sudah membangun pasar ini.

“Tentunya kami sebagi wakil rakyat, memberikan apresiasi yang tinggi kapada RT 05/ RW 05, karena ini contoh yang baik, kami harap RT/RW yang lainya juga bisa berkreasi seperti yang dilakukan RT 05 dan RW 01 ini,” tambah dia. (Tinus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

78 + = 80