Polisi Yahukimo tangkap salah satu terduga pembunuh staf KPU

Papuaunik, – Aparat Kepolisian Resor (Polres) Yahukimo berhasil menangkap Ariel Sonyap alias Korowai salah satu terduga pelaku pembunuh staf KPU Kabupaten Yahukimo pada 11 Agustus 2020.

“Penangkapan itu dilakukan pada Rabu (16/09) sekitar pukul 17.30 WIT di Jalan Pasar Baru, Distrik Dekai, Yahukimo,” kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad M Kamal di Kota Jayapura, Kamis.

Mengenai kronologi penangkapan, kata Kamal, diawali dengan laporan warga pada pukul 08.00 WIT bahwa Ariel sedang berada di dalam Pasar Baru Dekai.

Sehingga personel Polres Yahukimo melakukan pemantauan disekitaran area pasar. Dari pemantaun diketahui bahwa pelaku bersama simpatisan KNPB sedang melaksanakan bakti sosial di sekertariat KNPB.

“Sekitar pukul 17:05 WIT, anggota melihat pelaku keluar dari sekertariat KNPB menuju ke Pangkalan Ojek Pasar Baru menggunakan switer hitam, celana panjang jeans biru, dan topi dan memakai sandal swalow biru,” katanya.

“Sekitar pukul 17:30 WIT, anggota langsung melakukan penangkapan terhadap pelaku Ariel Sonyap alias Korowai, kemudian diamankan ke Mapolres Yahukimo,” katanya.

Dari tangan pelaku anggota berhasil mengamankan barang bukti berupa uang senilai Rp 30 ribu dalam pecahan Rp10 ribu dua lembar dan pecahan Rp5 lima ribu dua lembar, tiga korek gas dan satu bungkus rokok Surya 16.

“Kasus tersebut telah ditangani oleh Mapolres Yahukimo, guna pengembangan lebih lanjut,” katanya.

Disinggung mengenai situasi di Dekai, Kamal mengatakan usai penangkapan salah satu kelompok Senat Soll situasi aman dan kondusif, anggota dilapangan terus melakukan patroli guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Ariel Sonya alias Korowai diketahui bersama-sama Senat Soll atau Ananias Yalak dan merupakan koordinator lapangan dalam setiap aksi kelompok Senat Soll atau Ananias Yalak beraksi,” katanya.

Selain itu berdasarkan keterangan BAP saksi berkaitan dengan LP/55/XII/2019/Papua/Res Yahukimo bersama-sama Senat Soll/Ananias Yalak melakukan pembakaran ATM BRI serta tindak kekerasan lainnya yang terjadi di Kabupaten Yahukimo.

“Ariel ini juga diduga terlibat dalam pembakaran ATM BRI serta kekerasan lainnya di Yahukimo,” tambahnya.(Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

48 − 38 =