Brigjen Pol Matius Fakhiri jabat Wakapolda Papua

Papuaunik, – Brigjen Pol Matius Fakhiri sejak Kamis (17/09) secara resmi jabat Wakapolda Papua menggantikan Brigjen Pol Yakbus Marzuki dalam upacara serah terima jabatan di Mapolda Papua, Kota Jayapura bersama lima perwira menengah (pamen)lainnya.

Untuk serah terima jabatan lima pamen itu antara lain Irwasda, Dirintelkam, Kabidkum, Kapolres Yahukimo dan Kapolres Mamberamo Tengah lingkup Polda Papua.

Upacara Serah Terima Jabatan berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/2558/IX/KEP./2020 tanggal 1 September 2020, yang dipimpin oleh Kapolda Papua Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw, dan dihadiri oleh Para Pejabat Utama Polda Papua, Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, Kapolres Jayapura AKBP Viktor Dean Mackbon, Kapolres Merauke AKBP Ary Purwanto, Kapolres Keerom, Kapolres Nabire, Kapolres Paniai, dan Kapolres Sarmi.

Drs. Yakobus Marjuki yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Papua akan menduduki jabatan baru sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama TK I Sespim Lemdiklat Polri dan akan digantikan oleh Brigjen Pol. Matius D. Fakhiri S.Ik yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Papua Barat.

Kombes Pol. Petrus Patrige Rudolf Renwarin, S.H, yang sebelumnya menjabat sebagai Irwasda Polda Papua akan menduduki jabatan baru sebagai Wakapolda Papua Barat dan akan digantikan oleh Kombes Pol. Alfred Papare S.Ik, yang sebelumnya menjabat sebagai Dir Intelkam Polda Papua.

Kombes Pol. Guntur Agung Supono S,Ik, M.Si, yang sebelumnya menjabat sebagai Kabid Kum Polda Papua akan menduduki jabatan baru sebagai Dir Intelkam Polda Papua dan akan digantikan oleh AKBP Dedy Sumarsono S.Ik, M.H yang sebelumnya menjabat sebagai Waka SPN Polda Kalimantan Tengah.

AKBP Christian Amos Akiewy yang sebelumnya menjabat sebagai Wadir Pamobvit Polda Papua akan menduduki jabatan baru sebagai Pamen Polda Papua (dalam rangka pensiun) dan akan di gantikan oleh AKBP Ignatius Benny Ady Prabowo S.H, S.Ik, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Yahukimo Polda Papua.

AKBP Deni Herdiana S.E, S.H. yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Mamberamo Tengah Polda Papua akan menduduki jabatan baru sebagai Kapolres Yahukimo Polda Papua dan akan digantikan oleh AKBP Simon Sahureka yang sebelumnya menjabat sebagai Dir Tahti Polda Papua.

Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw dalam kesempatannya mengatakan serah terima jabatan dalam suatu organisasi adalah merupakan bagian dari mekanisme dan dinamika organisasi yang bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan organisasi itu sendiri, juga memberikan kesejahteraan personel berupa peningkatan promosi jabatan dan menyiapkan regenerasi kedepan sehingga organisasi tetap berjalan dan berkesinambungan.

“Selain itu tujuan mutasi pada suatu jabatan diharapkan juga dapat mengakselerasikan pelaksanaan program kerja yang telah dirumuskan sehingga dapat berjalan efektif dan mengalami peningkatan kualitas kesatuan, baik dalam bidang pembinaan maupun operasional sehingga dapat menumbuhkan semangat pengabdian yang tinggi serta mengukir prestasi pada setiap penugasan yang semata-mata berorientasi kepada pelayanan terhadap masyarakat,” katanya.

Selaku pimpinan Polda Papua, Paulus Waterpauw menyampaikan terima kasih atas nama kesatuan dan pribadi serta penghargaan kepada pejabat sebelumnya selama pengabdian di Polda Papua yang telah menunjukkan kinerja yang baik serta dedikasi dan loyalitas yang tinggi.

“Saya yakin dengan bekal pengalaman bertugas selama di Polda Papua, saudara akan lebih sukses di tempat tugas yang baru. Atas nama pribadi dan kesatuan saya ucapkan selamat atas kepercayaan pimpinan Polri dan promosi untuk menduduki jabatan baru, khusus kepada AKBP Dedy Sumarsono, S.I.K., M.H. selamat datang di Bumi Cenderawasih Polda Papua,” katanya.

“Saya mengharapkan agar segera beradaptasi dilingkungan kerja dan hal-hal positif yang telah dibangun selama ini oleh pejabat lama agar ditindaklanjuti dan saya harapkan dapat ditingkatkan, saya yakin dan percaya dengan bekal pengalaman dan latar belakang pendidikan yang telah saudara miliki, saudara mampu meningkatkan kinerja pada kesatuan yang akan anda pimpin,” tambahnya.

Menyadari bahwa perkembangan situasi Kamtibmas di Provinsi Papua saat ini yang semakin meningkat khususnya di wilayah pegunungan seperti yang baru-baru ini terjadi kasus penembakan oleh KKB di Kabupaten Intan Jaya yang mengakibatkan dua orang tukang ojek mengalami luka tembak.

“Saya mengharap kepada para Kapolres di Jajaran Polda Papua agar senantiasa terus membangun komunikasi kepada Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Organisasi-organisasi yang ada pada wilayah masing-masing guna peningkatan keamanan menjelang akan dilaksanakannya Pemilukada di 11 (sebelas) Kabupaten di Provinsi Papua.

Perlu segera dilakukan antisipasi terhadap ancaman Kamtibmas yang terjadi beberapa waktu lalu di Kabupaten Yahukimo, Kapolres yang baru segera adaptasi dan bangun komunikasi secara aktif dengan para tokoh masyarakat dan seluruh lapisan masyarakat.

Selain tantangan tugas diatas, kita juga masih dihadapkan pada pandemi Covid-19 yang jumlah kasusnya terus meningkat, oleh karena itu terus lakukan pendisiplinan protokol kesehatan khususnya penggunaan masker.

“Saya juga mengharapkan agar saudara-saudara dapat menjabarkan sesuai dengan tugas pokok masing-masing dimana saudara menjabat, serta mampu mengantisipasi dan mengatasi segala bentuk permasalahan keamanan yang terjadi di wilayah hukum Polda Papua, selain dari pada itu kepada seluruh personel Polda Papua, saya harapkan senantiasa memberikan dukungan kepada pejabat yang baru, serta membangun kerjasama yang harmonis sebagaimana kerjasama yang telah ditunjukkan selama ini kepada pejabat lama untuk selanjutnya dapat diteruskan dan bahkan ditingkatkan kepada pejabat baru,” katanya.

“Jadikanlah serah terima jabatan ini sebagai momentum untuk memacu dan meningkatkan kembali semangat, disiplin dan etos kerja dalam pelaksanaan tugas di Polda Papua. Demikian amanat saya dan mari kita songsong tugas kedepan dengan satu keyakinan dan optimisme serta sikap positif,” katanya lagi. (Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 7 = 1