Ratusan pencaker di Keerom tuntut kejelasan tes ASN formasi 2018

Papuaunik, – Ratusan pencari kerja (pencaker) di Kabupaten Keerom, Provisi Papua melakukan aksi guna meminta kejelasan terkait tes Aparat Sipil Negara (ASN) formasi 2018

Bonafasius Tuu, salah satu pencari kerja, ketika di konfirmasi dari Jayapura belum lama ini, menjelaskan merasa tak jelas nasib mereka menunggu hasil pengumuman test ASN formasi 2018, ratusan pemuda pencari kerja atau pencaker unjuk rasa ke Kantor Bupati Keerom, pada Senin (14/9) pekan lalu. Mereka meminta bertemu Bupati Keerom, Muh. Marku untuk segera mengumumkan hasil ASN formasi 2018 dalam pekan ini.

Menurut dia, para pencaker yang terdiri dari pendaftar tes mulai dari Distrik Skanto, Arso Barat, Arso, Arso Timur, Mannem, Senggi, Distrik Web, dan lainnya. Mereka memasang dua buah spanduk ditembok Kantor Badan Kepegawaian dan pengelolaan SDM (BKPSDM ) Kabupaten Keerom.

“Salah satu spanduk bertuliskan pemuda pengangguran pencari kerja meminta kepada Bupati Markum, kami tagih janjimu hari ini, segera umumkan hasil ASN formasi 2018. Janji adalah hutang. Sementara spanduk lainnya bertuliskan Segera umumkan hasil ASN formasi 2018 dalam minggu ini terhitung dari Senin (14/9) sampai Jumat (18/9),” katanya.

Bonafasius mengatakan bahwa aksi yang dilakukan pencaker Senin itu adalah aksi yang kesekian kalinya, namun Pemerintah Kabupaten Keerom belum juga melakukan pengumuman.Hal ini yang membuat mereka kembali ke Kantor Bupati Keerom untuk mempertanyakan.

“Aksi yang kami lakukan karena sampai beberapa kali kita pertanyakan tetap saja belum ada pengumuman, maka kami datang lagi untuk menanyakan hasil tes ASN,” katanya.

Cristian Sumel, selaku koordinator aksi mengharapkan BKPSDM Keerom segera mengumumkan hasil tes ASN lantaran mereka sudah lama menunggu.

“Kami sudah menunggu selama lima pekan tapi belum ada pengumuman,kami akan melakukan pemalangan sampai akhir bulan ini,” ujarnya. Meski demikian, kata dia, mereka tak bertemu bupati kabupaten setempat.

Pendemo kala itu hanya menemui Sekretaris BKPSDM Keerom, Lambert Fonataba. Saat bertemu, Lambert menyampaikan akan mengusahakan agar pengumuman hasil tes ASN formasi 2018 bisa diumumkan bulan ini.

Dia mengatakan, Menpan RB tak menyebut tentang waktu kapan pengumuman ASN akan dilakukan, namun soal waktu diserahkan kepada hasil rapat Gubernur Papua dengan bupati/walikota yang ada di Papua yang digelar secara virtual. (Miosindi/dsb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 2 = 4