KPU Mamberamo Raya gelar rapat pleno pemutakhiran data pemilih

Papuaunik,-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamberamo Raya menggelar rapat pleno perubahan terhadap rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran dan penetapan daftar pemilih sementara (DPS) di tingkat Kabupaten Mamberamo Raya

Anggota KPU Provinsi Papua yang juga merangkap anggota KPU Mamberamo Raya, Diana Dhortea Simbiak di Jayapura, Senin malam mengatakan rapat pleno itu berlangsung di salah satu hotel ternama di Kota Jayapura, Senin malam.

Lanjut dia, rapat itu dilakukan bersama empat komisioner KPU Papua yang juga merangkap anggota KPU Mamberamo Raya. Berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Mamberamo Raya, penyampaian Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (NKK) terhadap Daftar Pemilih baru Hasil pemutakhiran tidak dapat disampaikan untuk kali ini lantaran terkendala dengan adanya pengrusakan peralatan pada Dispendukcapil setempat.

“Untuk itu maka kami selaku KPU Kabupaten Mamberamo Raya melakukan perubahan terhadap berita acara Rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran yang dilaksanakan pada 7 September 2020 lalu, dan talah ditetapkan pada 12 September 2020, dengan mencoret daftar pemilih yang belum memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (NKK),” kata Diana.

Lanjut dia, dengan ketentuan bahwa Dispendukcapil kabupaten itu akan mengusahakan menyampaikan kepada KPU Kabupaten Mamberamo Raya sebelum penetapan daftar pemilih tetap pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Mamberamo Raya 2020.

Diana menjelaskan sesuai ketentuan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 19 Tahun 2019 tentang perubahan atas peraturan komisi pemilihan umum Nomor 2 Tahun 2017 tentang pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan atau Wali Kota dan/Wakil Wali Kota.

Kemudian, Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 6 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota serentak lanjutan dalam kondisi non alam Corona Virus Disarse 2019 (COVID-19).

Sehingga KPU Kabupaten Mamberamo Raya, kata dia, melakukan perubahan terhadap rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran dan penetapan daftar pemilih sementara dengan jumlah 25.075 pemilih dengan rincian laki-laki berjumlah 13.521 pemilih dan perempuan 11.554 pemilih.

Jumlah daftar pemilih hasil pernutakhiran yang belum memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (NKK) seabnyak 3.509 pemilih yang tersebar di delapan kecamatan,/distrik 59 desa/kelurahan, 127 tempat pemungutan suara (TPS).

Selanjutnya, KPU Mamberamo Raya juga menyampaikan salinan adanya berita acara reakpitulasi daft pemilih hasil pemutakhiran kepada KPU Provinsi Papua,,Bawaslu Kabupaten/Kota, Perwakilan Partai Politik, dan perangkat daerah yang menyelenggarakan urusan kependudukan dan catatan sipil setempat. (Tinus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 28 = 34