Muswil HIPPMA Kei Papua pilih ketua dan pengurus periode 2020-2025

Papuaunik, – Musyawarah wilayah (muswil) ke-II Himpunan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa (HIPPMA) Kei Provinsi Papua digelar guna pemiliham ketua dan pengurus masa bakti atau periode 2020 hingga 2025.

Demikian hal ini disampaikan oleh Ketua steering committe Amir M Madubun, Ketua Organizing Comitte Irjii Matdoan, Gazali Rengiwur selaku sekretaris SC dan Iksan Setitit serta Yusuf Gholam selaku anggota SC didampingi Gery Ikanubun selaku ketua tim kerja HIPPMA Kei Provinsi Papua di Kota Jaypaura, Papua, Selasa.

Amir Madubun mengatakan Muswil itu akan digelar pada 7 hingga 12 September 2020 di salah satu hotel ternama di Kota Jayapura yang direncanakan akan dibuka oleh Wakil Gubernur Provinsi Papua Klemen Tinal mewakil Pemerinyah Provinsi Papua dan dihadiri oleh sejumlah kepala daerah yang diundang untuk mensukseskan kegiatan pemuda Kei itu.

“Kegiatan ini, mekanismenya agak berbeda karena sistem pendaftaran atau merekrut peserta ataupun bakal calon ketua dan pengurus HIPPMA dengan cara daring, ini kita mempermudah akses kepada saudara kami yang jauh dari Kota Jayapura, misalnya dari Keerom, Sarmi dan Kabupaten Jayapura atau kabupaten lainnya, mengingat situasi COVID-19, jadi kita batasi,” katanya.

Dalam muswil HIPPMA Kei Provinsi Papua, kata mantan Ketua Anshor Papua itu menggunakan cara pemilu, dimana para pemilik suara disebut DPT, lalu ada debat kandidat calon ketua guna mengetahui sejauh mana pemahaman tentang persoalan kekinian hingga masalah adat orang Kei.

“Para calon kandidat juga dalam mengembalikan formulir itu kami akan seleksi soal penyampaian visi dan misi, yang menyangkut tiga hal pokok, yakni materi kepemudaan, pahami soal aspek adat orang Kei, dan memahami soal demokrasi atau pemerintahan,” katanya.

Hingga sejauh ini, kata Amir, sudah ada sembilan calon kandidat ketua HIPPMA Kei Provinsi Papua yang mendaftar secara daring yang diterima oleh panitia. “Nantinya dalam debat kandidat pada 7 September 2020, akan disiarkan secara langsung oleh salah satu radio ternama. Mereka akan diberikan waktu sepekan untuk untuk lakukan kampanye lewat media sosial ataupun media mainstream,” katanya.

Amir mengklaim kesiapan kegiatan telah mencapai 80 persen dan berharap semua pelajar dan pemuda serta mahasiswa Kei yang ada di Provinsi Papua bisa ikut mensukseskan kegiatan tersebut.

Sementara itu, Gery Ikanubun mengatakan muswil ini perlu dilakukan untuk perkembangan generasi dan wadah anak muda Kei.

“Saya juga sebagai Ketua I Kerukunan Keluarga Kei (KKK) di Provinsi Papua mewakili ketua umum, menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan guna menyelesaikan salah satu agenda program kerja KKK, bahwa organisasi kepemudaan ini harus dibentuk dan solid sebagai wadah yang tepat,” katanya.

Sehingga, dibentuklah panitia kerja yang diberi mandat dan SK oleh KKK Provinsi Papua untuk melaksanakan Muswil HIPPMA Kei Provinsi Papua ke-II di Kota Jayapura.

“Kami, atau saya bersama empat rekan lainnya diberikan SK untuk bentuk panitia Muswil HIPPMA ke-II. Muswil ini juga untuk menjawab desakan atau keluh kesah dari kaum muda agar wadah ini segera terbentuk dan bisa berjalan dan menjadi satu kebutuhan bagi kami untuk perkembangan pemuda ditengah warga Kei yang ada di Papua,” kata Gery.(Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 63 = 65