The Karaka’s kembali serahkan dua ton bantuan bencana banjir ke Kampung Mioko dan Aikawapuka

Papuaunik, – The Karaka’s PT Freeport Indonesia sebagai komunitas karyawan di lingkungan PTFI yang tergabung sebagai supporter fanatik Persipura Jayapura pada Sabtu pekan kemarin kembali menyerahkan bantuan kurang lebih dua ton yang terdiri dari sembako dan pakaian layak pakai di Kampung Mioko dan Kampung Aikawapuka, Distrik Atuka, Kabupaten Mimika, Papua.

The Karaka’s bekerjasama dengan Quality of Life PTFI dan elemen dibawahnya Persatuan Wanita Kuala Kencana dan Persatuan Wanita Tembagapura berhasil mengumpulkan bantuan yakni dari tanggal 4 hingga 7 Agustus 2020 di Posko Kuala Kencana dan Posko Airport Timika.

The Karaka’s mengantarkan bantuannya menggunakan empat kapal atau Long Boat dimana tiga kapal dibantu langsung oleh Norman Karupukaro salah satu tokoh masyarakat dari Suku Kamoro dan satunya lagi milik Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK), sementara itu bahan bakar bensin dibantu langsung oleh Community Affarirs PTFI.

Perjalanan menggunakan kapal dari pelabuhan YPMAK di daerah Pomako Timika pada pukul 08.00 WIT, menuju Kampung Mioko ditempuh dalam waktu kurang lebih satu jam mengarungi bentaran sungai-sungai.

“Setibanya di Kampung Mioko kami disambut hangat oleh masyarakat setempat,” kata Yudha Noya, selaku Sekjend The Karaka’s PTFI.

Pada momentum itu, Wakil Ketua Lowland The Karaka’s PTFI Biets Waromi dan Ketua Organisasi Kaum Intelektual Amungsa (OKIA) Yohanes Kemong menyerahkan bantuan secara simbolis langsung kepada Primus Mawapokeyau selaku Kepala Dusun mewakili Kepala Kampung yang tidak berada ditempat.

“Disini, Pak Biets meminta agar tidak melihat dari besar kecilnya bantuan tapi ini bagian dari rasa peduli kami kepada warga masyarakat yang terkena dampak banjir dan ucapan terimabkasih juga kepada Norman Karupukaro yang telah memfasilitasi menggunakan alat transportasi kapal miliknya dan YPMAK dan Community Affairs PTFI dan semua pihak yang tidak sempat disebutkan satu persatu,” kata Yudha.

Selanjutnya perjalanan dilanjutkan ke Kampung Aikawapuka sebagai salah satu kampung juga yang terkena dampak banjir dengan waktu tempuh kurang lebih sejam. The Karaka’s disambut baik oleh masyarakat setempat dan barang bantuan diarahkan ke balai kampung setempat.

“Penyerahan secara simbolis diberikan oleh Pakris Umbora selaku Koordinator Bidang External The Karaka’s PTFI kepada Kepala Kampung Yohanes Pomarel disaksikan oleh warga Kampung Aikawapuka. Selanjutnya tim kembali menggunakan kapal ke Timika,” tutup Yudha Noya Sekjend The Karaka’s PTFI dalam rilis yang diterima redaksi Papuaunik.com di Jayapura, Senin.

Sebelumnya, hal yang juga dilakukan oleh The Karaka’s terkait bencana alam di Timik, Kabupaten Mimika, Papua.(Ian/dsb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 60 = 70