Billy Mambrasar sebutkan anak Papua ada kesempatan kerja di BUMN dan jadi pengusaha

Papuaunik, – Putra asli Papua yang juga menjadi Stafsus Presiden Jokowi, Billy Mambrasar memberikan imbauan dan juga mengajak lulusan Papua agar berkontribusi membangun Indonesia dari berbagai sektor pekerjaan.

Billy menyatakan, ada banyak kesempatan lagi, seperti menjadi wirausawahan, atau bekerja sebagai karyawan di BUMN.

“Banyak cara bagi kita putra-putri Papua untuk berkarya. Bukan hanya PNS, kita bisa menjadi enterpreneur dan juga bekerja sebagai Karyawan di BUMN, karena kesempatan itu ada dan dibuka lebar” ujar Billy di Jakarta, Jumat. (5/8).

Menurut Billy, saat ini, banyak sekali anak-anak Milenial Papua, yang setelah pendidikannya, malah memilih bekerja sebagai wirausahawan.

“Dengan menjadi enterpreneur, kita dapat membantu banyak orang. Ketika juga dapat mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar,” ujar Billy Mambrasar yang saat ini memiliki beberapa unit bisnis seperti PT Kitong Bisa Consulting, dan PT Kitong Bisa Enterprise.

Billy berharap banyak pemuda Papua menjadi enterpreneur dan dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Papua. Semakin banyak kesempatan kerja, semakin banyak uang bergulir, maka kesejahteraan akan meningkat, dan kemiskinan akan berkurang.

“Saya yakin bahwa anak muda Papua bisa berwirausaha dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Papua” katanya dalam siaran pers yang diterima redaksi Papuaunik.com

Pada Agustus 2019, Presiden Jokowi meminta BUMN untuk melakukan perekrutan orang Papua. Tidak tanggung-tanggung, Presiden meminta disediakan hingga 1.000 posisi bagi putra putri asli Papua.

Hal tersebut direalisasikan oleh Erick Tohir, lewat program perekrutan bersama BUMN tahun 2020 untuk Putra/i Papua dan Papua Barat.

Hasilnya, sebanyak 522 talenta dari Papua dan Papua Barat yang tersebar di 38 BUMN juga telah menunjukkan budaya berkolaborasi dan adaptif yang akan menjadi bekal mereka untuk berkontribusi di perusahaan BUMN. Dalam rencana dekat, Kementerian BUMN akan mencari dan merekrut lagi di tahap kedua.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan perekrutan lulusan asli Papua karena sebagai wujud negara sayang terhadap masyarakat Papua.

“Ini semua karena presiden kita sayang sama Papua. Kita kementerian juga sayang sama Papua. Saya secara pribadi juga hari ini ada undangan banyak, tapi saya memilih ini karena sayang,” ujarnya.

Erick menambahkan, putra-putri Papua yang telah lolos dalam program ini karena kemampuan mereka sendiri. “Kalian ini lulus karena dari diri kalian sendiri, kita hanya membantu. Nanti suksesnya kalian karena diri kalian juga,” kata Erick.(Ian/dsb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 1 = 2