Kapolda Papua resmikan markas Polres Puncak

Papuaunik, – Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw meresmikan pengoperasian markas komando (Mako) Polres Puncak di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Selasa pagi.

Peresmian ini dihadiri dan disaksikan oleh Pangdam XVII/ Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab, Bupati Puncak Willem Wandik, pejabat utama Polda Papua, Kapolres Puncak AKBP Dicky Hermansyah Saragih, S.Sos, dan tamu undangan serta masyarakat setempat.

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengapresiasi Bupati Kabupaten Puncak Willem Wandik dan seluruh pihak yang telah turut membantu dan berupaya dengan maksimal hingga rampungnya pembangunan Mako Polres Puncak.

“Saya sangat berharap agar Mako ini menjadi tempat yang nyaman, bersahabat dan menjadi tumpuan untuk menyelesaikan masalah – masalah kemasyarakatan,” katanya.

Kepada personel Polres Puncak dan warga setempat, Irjen Pol Paulus Waterpauw meminta beberapa hal, di antaranya pertama jaga dan peliharalah bangunan kantor yang sudah ada ini dengan sebaik-baiknya.

“Pemeliharaan yang baik dan benar akan memberikan kenyamanan dalam bekerja serta akan memperpanjang usia pakainya yang tentu saja akan memberikan penghematan dalam penggunaan anggaran,” katanya.

Meningkatkan kinerja setiap petugas Kepolisian sebagai jawaban atas peningkatan sarana dan prasarana yang sudah ada serta hindarkan dari setiap tindakan, perbuatan, perkataan serta sikap yang kontraproduktif dengan prinsip-prinsip pelayanan yang prima.

“Jadikan setiap kantor Polisi menjadi rumah bagi masyarakat dalam menyelesaikan setiap masalahnya,”

Oleh karena itu, kata mantan Kapolda Papua Barat dan Sumatera Utara itu, perosnel Polres Puncak harus juga meningkatkan pengetahuan, baik masalah hukum, adat istiadat, dan hukum agama serta alternatif pemecahan masalahnya sehingga akan sangat berguna dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang ada di tengah masyarakat.

“Kepada Kapolres Puncak agar atur dengan baik dan nyaman ruang SPKT dan penjagaan agar masyarakat yang datang di Polres dapat terlayani dengan baik,” pintanya.

“Akhirnya, dengan mengucapkan Puji Syukur Kehadirat Tuhan Yang Maha Esa pada hari ini selasa tanggal 21 Juli 2020, pukul 10.45 Wit, Kantor Polres Puncak, saya nyatakan resmi digunakan selamat bekerja, tunaikan tugas dengan sebaik-baiknya, jadikan kepercayaan masyarakat sebagai salah satu standar keberhasilan pelaksanaan tugas Kepolisian,” lanjutnya.

“Semoga tuhan yang maha kuasa senantiasa memberikan bimbingan, petunjuk dan perlindungan kepada kita sekalian dalam meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat, negara dan bangsa,” kata Irjen Pol Paulus Waterpauw.

Sementara itu, Bupati Puncak Willem Wandik dalam sambutannya menyampaikan puji syukur dapat hadir disini dan melaksanakan peresmian Polres Puncak.

“Secara pribadi dan sebagai Bupati saya bangga dengan terlaksananya Polres Puncak, setelah 17 tahun akhirnya baru memiliki Polres sendiri, ini merupakan proses yang panjang hingga sampai bisa di resmikan hari ini. Saya berterima kasih kepada Kapolda dan Pangdam karena adanya Polres dapat membantu kebutuhan masyarakat khususnya ketertiban dan keamanan masyarakat Puncak,” katanya.

Polres, kata dia, sangat dibutuhkan oleh warga dan dengan berkoordinasi seluruh stakeholder untuk membantu kinerja pemerintah di Kabupaten Puncak.

“Untuk tugas operasional Kepolisan sangat memerlukan bangunan untuk menunjang kinerja Kepolisan di Kabupaten Puncak. Distrik Gome, Dofo, Kogoma, Agandugume dan Wangbe itulah distrik yang belum memiliki Polsek dan kami berharap dapat di bangun Polsek agar dapat membantu Kamtibmas di daerah tersebut,” katanya.

Pemerintah Kabupaten Puncak, lanjut mantan Kepala Bappeda itu, sangat mendukung adanya Kepolisian untuk membantu menjaga kabtibmas, dan membantu serta mendorong m
pembangunan SDM untuk kebutuhan lapangan kerja di Kabupaten Puncak.

“Pembentukan SDM Puncak merupakan tugas bersama dan termasuk seluruh Stakeholder, jadi kami menitipkan dan mengharapkan bantuan Kapolda dan Pangdam untuk Pemuda Puncak agar di bantu untuk menjadi anggota TNI-Polri semua ini dimaksudkan untuk mengambil andil dalam pembangunan keamanan di Papua,” pintanya.

Menciptakan kemanan merupakan tanggung jawab semua pihak, sehingga harapannya semua tokoh-tokoh bersama membangun dan meningkatkan keamanan di Kabupaten Puncak.

“Saya meminta setiap orang agar melihat setiap peluang untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Puncak,” katanya.

Ia mengungkapkan di Kabupaten Puncak yang sering kali menjadi pemicu masalah adalah pertikaian atau perang saudara dan ini merupakan masalah yang luar biasa.

“Inilah yang membuat kami membutuhkan tenaga lebih dan kami akan meminta hukum positif yang akan di tegakkan oleh TNI Polri dan akan di laksanakan masyarakat agar tidak selalu terjadi perang saudara,” katanya.

Pemkab Puncak, ungkap dia, sudah koordinasi dengan Kampus Uncen untuk membuat telaan hukum agar Kepolisian tidak serba salah mengambil keputusan dalam menyelesaikan persoalan di Kabupaten Puncak tentang penangan masalah perang suku.

“Juga, ancaman dari orang luar yang membuat di Puncak, setelah Polres selesai kami minta agar personil di Puncak lebih di perbanyak. Selama ini kami sering memberi insentif kepada TNI Polri yang ada disini untuk menunjang kinerja TNI Polri,” katanya.

“Sulunya kantor Polres merupakan bangunan Kantor Bupati tapi mohon jangan dilihat dari bangunannya tapi tolong dilihat dari kerinduan Puncak akan kemanan dan ketertiban di Kabupaten Puncak. Saya berterima kasih kepada Presiden dan Kapolri karena mengijinkan pembangunan Polres di Kabupaten Puncak untuk menertibkan keamanan,” katanya.

Usai menyampaikan sambutan, selanjutnya dilakukan penandatanganan prasasti oleh Kapolda Papua dan Bupati Kabupaten Puncak dan acara penekanan tombol sirine pembukaan selubung papan nama oleh Kapolda Papua dan Bupati Kabupaten Puncak disaksikan oleh Pangdam XVII/Cendrawasih.

Kemudian pengguntingan pita oleh Elvina Kogoya Wandik selaku Ketua PKK Kabupaten Puncak dan pemberian kunci oleh Bupati Kabupaten Puncak dan dilanjutkan dengan penyerahan dana hibah sebesar Rp13 miliar dari Bupati Puncak Willem Wandik kepada Kapolres Puncak AKBP Dicky Hermansyah Saragih.(Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

98 − = 97