Satu PDP meninggal pada Kamis kemarin positif COVID-19

Papuaunik – Juru Bicara Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, mengatakan satu pasien dalam pengawasan (PDP) yang meninggal pada Kamis (21/5) positif terpapar corona.

Sehari sebelumnya, UP2KP dan Tim URC Covid-19 memakamkan dua jenazah PDP di Kota Jayapura. Berdasarkan hasil pemeriksaan swab dengan alat PCR di Litbangkes Papua, salah satu di antaranya yakni SW (32) ternyata positif terinfeksi virus Corona.

“Benar. Dari dua PDP yang meninggal dan dikuburkan kemarin, ada satu yang positif. Hasil swabnya baru keluar pukul 22 WIT Kamis kemarin,” kata Silwanus Sumule.

Silwanus menyampaikan turut berbelasungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan,” kata Silwanus saat memberi keterangan pers secara virtual dari Media Center Satgas Covid-19 Provinsi Papua, Jumat malam.

Berdasarkan data per 22 Mei 2020, di Provinsi Papua, terdapat 568 orang yang positif terinfeksi corona virus, dimana 405 pasien sedang dalam perawatan medis, 152 orang dinyatakan sembuh, dan 11 orang meninggal dunia.

Menurut dia, Kota Jayapura adalah daerah dengan kasus tertinggi di Papua yakni 222 kasus, dimana 182 orang sedang dirawat, 34 orang sembuh, enam orang meninggal, ODP 698 orang dan PDP ada 65 orang.

Ia meminta dengan tegas kepada masyarakat agar bisa mengikuti himbauan pemerintah dan protokol kesehatan seperti wajib pakai masker kalau keluar rumah, jaga jarak, hindari kerumunan atau berkumpul, rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, dan sedapat mungkin tinggal di rumah saja.

“Untuk Kota Jayapura, pemerintah telah menetapkan pukul 14.00 WIT sebagai jam batas terakhir aktivitas. Kami berharap dari pukul 6.00 pagi hingga pukul 14.00, jika warga melakukan aktivitas tetap menggunakan masker, jalankan perilaku hidup bersih dan sehat,” tambah dia.

Sebelumnya dikabarkan, pada Kamis (21/5) Tim dari Unit Percepatan Pembangunan Kesehatan Papua (UP2KP) sebagai bagian dari Unit Reaksi Cepat (URC) Covid-19, memakamkan jenazah dua Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Pemakaman khusus Covid di Buper Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura.(ma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 21 = 30