BBMKG keluarkan peringatan dini hujan deras disertai angin kencang

Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V Jayapura, Provinsi Papua pada Jumat (22/5) malam mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat disertai angin hingga tengah malam di wilayah Kota Jayapura

Kepala BBMKG Wilayah V Jayapura, Petrus Demon Sili di Jayapura, Kamis malam, mengatakan pihaknya mengeluarkan peringatan dini cuaca Jayapura pada 22 Mei 2020 pukul 23.00 WIT, berpotensi terjadi hujan.

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang pada pukul 23.06 WIT di wilayah Distrik Jayapura Utara dan sekitarnya dan dapat meluas ke wilayah Jayapura Selatan dan sekitarnya. Kondisi ini diperkirakan berlangsung hingga pukul 23.40 WIT.

BBMKG Jayapura juga mengelurakan peringatan dini gelombang tinggi pada Sabtu (23/5). BBMKG berharap nelayan dan nakhoda kapal memperhatikan keselamatan pelayaran. Untuk perahu nelayan, kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Kapal Tongkang, kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter. Kapal Ferry, kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter. Sedangkan kapal berukuran besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesia, kecepatan angin lebih dari 12 knot dan gelombang tinggidi atas 4,0 meter.

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar selalu waspada,” tambah Petrus. (ma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

49 + = 56