KH Umar Bauw Al Bintuni : mari kita tahan keinginan mudik guna cegah corona

Papuaunik, – Tokoh agama muslim di Papua KH Umar Bauw Al Bintuni menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan mudik demi mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

“Saudaraku seluruh masyarakat Papua yang saya cintai yang saya banggakan, Alhamdulillah rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa kami ingan sampaikan beberapa hal yang penting bagi kita sekalian yang pertama terkait dengan semakin dekatnya bulan suci ramadan bagi kaum muslimin dan muslimat untuk melaksanakan ibadah puasa dengan sendirinya ibadah puasa wajib untuk dilaksanakan,” katanya di Jayapura, Senin.

Tentunya, kata dia, sebagai umat muslim sudah siap untuk melakukan hal perintah Allah karena itu adalah sebagian dari pada kewajiban namun demikian perlu diperhatikan situasi dan kondisi yang ada saat ini, karena kemungkinan tidak bisa melaksanakan salat Tarawih sebagaimana biasa.

“Tetapi kita boleh melaksanakannya dirumah masing-masing. Kemudian diujung ramadan ada kerinduan hati ingin pulang kampung bersilahturahmi dengan keluarga disana namun perlu kita sadari bawasannya situasi saat ini membutuhkan kerjasama kita semua untuk menghadapi suatu cobaan ujian dari Allah menghadapi virus corona yang saat ini lagi melanda seluruh nusantara ini bahkan dunia,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut dia, perlu ada pemahaman pengertian dari semua kaum muslimin dan muslimat mari menahan diri masing-masing, menahan segala keinginan hati sekalian untuk mudik ke kampung.

“Sesungguhnya tidak dilarang pulang tetapi mari kita melihat situasi dan kondisi yang ada sebagaimana telah diupayakan oleh pemerintah kita memberikan bimbingan-bimbingan kepada kita sekalian untuk bekerja sama kita memutuskan hubungan dengan virus corona, ini yang pelu kita sadari bersama bahwa upaya pemerintah daerah untuk kemashalatan seluruh masyarakat untuk itulah kita juga harus mendukung semua itu untuk bekerja sama membendung beredarnya virus corona pada saat ini,” ujarnya lagi.

“Oleh karena itu, saudaraku sekalian khususnya kaum muslimin dan muslimat yang ingin pulang ke kampung halaman mohon untuk bisa menahan diri mari kita ikuti anjuran pemerintah. Mari kita semua bergandngan tangan untuk bisa menghadapi permasalahan kita saat ini situasi dan kondisi kita saat ini kita harus hadapi bersama-sama, kalau pemerintah sudah bicara namun tidak didukung oleh kita masyarakat maka semuanya akan hancur berantakan,” sambungnya.

KH Umar Bauw mengajak kepada semua kaum muslimin untuk bergandengan tangan bersama pemerintah guna menghadapi virus corona sehingga semua penyakit ini bisa cepat usai sehingga besok lusa, semua boleh kembali sebagaimana biasa.

“Anjuran untuk kali ini kita wajib menggunakan masker, saya menjaga diri untuk saudaraku dan saudaraku menjaga diri untuk saya dan orang lain sehingga kita semua terselamatkan dari pada virus corona tersebut,” katanya.

“Kemudian setiap berita berbau hoax atau bohong sebaiknya kita konfirmasi kepada pihak-pihak yang bertanggung jawab yaitu pihak kepolisian dan juga gugus tugas Covid-19 ditingkat Provinsi maupun Kabupaten Kota sehingga kerukunan kamtibmas kita di tanah papua dapat terjaga dengan baik,” tambahnya.(Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

78 + = 81