LMA Sarmi usulkan tiga nama pendamping Bupati Eduard Fonataba

Papuaunik, – Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Kabupaten Sarmi mengusulkan tiga nama pendamping Bupati Eduard Fonataba untuk sisa masa jabatan dua tahun.

“Kami mengusulkan tiga nama yaitu pertama Dance Dansu, Aki Buefar dan Leonard J Sawerdani untuk menjadi Wakil Bupati Sarmi, mendampingi Bupati Eduard Fonataba,” kata Ketua LMA Kabupaten Sarmi Zakarias J Sakweray saat berada di Kota Jayapura, Papua, Selasa Siang.

Zakarias yang didampingi anggotanya Lukas Wotone dan koordinator polisi adat Apsalom Asinggau mengatakan ketiga sosok putra dan putri Sarmi itu mempunyai latar belakang yang baik, karena mempunyai pengalaman dibidang masing-masing.

“Ada yang pensiunan Polri, TNI dan PNS. Salah satu diantaranya mereka ini sangat tepat untuk membantu Bupati Eduard Fonataba dalam menjalankan pemerintahan di sisa periode,” katanya.

Ia mengklaim Ketiga nama itu sudah disodorkan ke DPRD Kabupaten Sarmi agar menjadi bahan pertimbangan untuk menjadi calon wakil bupati.

“Harapannya Pak Bupati Eduard Fonataba bisa memilih satu dari tiga nama ini dan DPRD segera membentuk pansus ataupun segera menggelar siang penetapan jika sudah disetujui dan disepakati siapa yang layak dan tepat menjadi Wakil Bupati Sarmi,” katanya.

Sementara Lukas Wotone mengklaim dari lima suku besar di Kabupaten Sarmi yakni Sobey, Armati, Rumbuai, Manirem dan Isirawa sangat mengharapkan ada figur wakil bupati yang mendampingi Bupati Eduard Fonataba agar jalannya pemerintahan bisa maksimal.

“Kami lihat pemerintah di Sarmi belum maksimal, karena ibu wakil bupati (Yosina Insyaf,red) yang lama sejak setahun terakhir non aktif dan sedang menjalani hukuman. Sehingga Bapak Bupati Eduard Fonataba butuh wakil yang tepat untuk secara bersama-sama menjalankan pemerintahan,” katanya.

Sedangkan, Apsalom Asinggau mengumpamakan Sarmi ibarat orang yang sedang pingsan karena tidak miliki wakil bupati.

“Sehingga ini harus kami dorong agar Sarmi miliki wakil bupati dan pemerintahan bisa berjalan dengan lancar dan baik,” katanya.(Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

43 + = 44