Polisi sampaikan pesan tertib berlalu lintas di Sekolah

Papuaunik-Kanit Dikyasa Satuan Lalu Lintas Polres Jayapura, Bripka Sipora Samon menyampaikan pesan-pesan tertib berlalulintas di Sekolah YPKP Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua saat bertindak sebagai inspektur upacara di sekolah tersebut, Senin pagi.

Upacara di Sekolah YPKP Sentani itu dihadiri anggota Satuan Lalu Lintas, para guru, para siswa sekolah tersebut.

Kasat Lantas Polres Jayapura, AKP Andika Temanta Purba di Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin mengatakan, penyampaian pesan-pesan tertib berlalulintas itu tentunya berdasarkan fakta dilapangan yang selalu ditemui.

Lanjut dia, fakta dilapangan bahwa masih banyak anak sekolah yang sudah dijinkan orang tuanya dalam mengendarai sepeda motor, padahal mereka belum cukup umur dan belum memiliki surat ijin mengemudi (SIM).

“Sehingga hal ini dianggap perlu untuk kita sosialisasikan saat upacara bendera di sekolah – sekolah yang ada di Sentani,” katanya.

“Anggota kami menyampaikan terkait tata tertib dalam berlalu lintas, terdapat tiga faktor yang menyebabkan tingginya angka kecelakaan berlalu lintas,” ujarnya.

Adapun tiga faktor yang menyebabkan tingkat kecelakaan tinggi yakni pertama faktor pengendara atau diri kita sendiri, banyak kasus akibat pengendara yang ugal-ugalan dan kondisi yang kurang fit.

Kedua, karena faktor jalan dimana masih banyak ditemui jalan dengan kondisi yang bisa beresiko kecelakaan. Selanjutnya, yang ketiga faktor kelengkapan kendaraan, tertib berlalu lintas merupakan sebuah tindakan yang mulia.

“Tentunya kita sebagai orang terpelajar sudah dapat menarik kesimpulan sendiri bahwa peraturan dibuat juga demi keselamatan, jadilah pelopor keselamatan dari diri kita sendiri,” tambah dia. (ma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 16 = 19