Gempa 4,0 SR guncang Kaimana,Papua Barat

Papuaunik- Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V Jayapura, Provinsi Papua menyebutkan gempa bumi tekoktonik berkekuatan 4,0 Skala Richter mengguncang Kabupaten Kaiman, Provinsi Papua Barat pada Rabu (19/2) dinihari.

Kepala BBMKG Wilah V Jayapura, Petrus Demonsili ketika dikonfirmasi Papuaunik.com dari Makassar, Rabu, mengatakan pada Rabu (19/2) dinihari, sekitar pukul 00:49:57 WIT wilayah Kabupaten Kaimana dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik.

“Hasil analisis BMKG menunjukan gempabumi ini memiliki kekuatan mangnitudo 4,0. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 3.79 Lintang Selatan dan 133.65 Bujut Timur,” kata Petrus.

Lanjut Petrus, atau tepatnya berlokasi di laut pada 19 kilo meter Barat Daya, Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat pada kedalaman 10 kilo meter.

“Gempabumi di Kabupaten Kaimana dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi berkedalaman dangkal diakibatkan oleh aktivitas Lajur Sesar Tarera Aiduna,” ujarnya.

Dia mengatakan, guncangan gempabumi ini dilaporkan masyarakat dirasakan di Kaimana dengan intensitas II-III MMI.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami,” katanya.

Menurut dia, hingga pukul 01:10 WIT, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Petrus menyarankan kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Ia menambahkan, masyarakat harus memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. (ma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 + = 20