Jokowi setujui Rp204 miliar untuk pusat kreatifitas dan UMKM milienal Ambon

Papuaunik, – Keberhasilan PT Papua Muda Inspiratif (PMI) menggerakan komunitas Papua Youth Creativity Hub di Papua dan telah melahirkan UMKM dan start up di Provinsi Papua dan Papua Barat, akan juga di duplikasi oleh Provinsi Maluku.

Konsep idealnnya adalah, dengan semakin bertambahnya pelaku UMKM dari kalangan milenial atau pemuda, maka giat ekonomi akan meningkat, perputaran uang akan semakin tinggi, dan angka pengangguran serta kemiskinan akan berkurang.

“Pada saat ditunjuk Presiden Jokowi menjadi stafsus, saya sempat berkata ke beliau, Pak masak pengusaha-pengusaha muda sukses dalam bentuk UMKM atau start-up, semuanya lahirnya hanya dari Jakarta saja? Kapan kami yang dari povinsi-provinsi termiskin Indonesia di timur ini juga bisa menjadi sama hebatnya dengan pendiri Gojek, Ruang Guru, dan Buka Lapak?”, ujar Billy mengenang masa-masa awalnya ditunjuk sebagai Staf Khusus Presiden RI.

“Puji Tuhan, dengan dorongan dari Pak Pak Presiden, lahirlah konsep Papua Youth Creativity Hub, yang saat ini sedang dalam proses pembangunan di Papua. Saya tapi terus mengejar Pak Presiden, agar Maluku juga ada, dan dengan dorongan dan support dari Pak Budi Gunawan juga, akhirnya lahirlah Maluku Youth Creativity Hub, yang akan menjadi pusat pengembangan UMKM juga di provinsi ini,” lanjut Billy.

Adapun Papua Youth Creativity Hub, yang dikelola oleh PT Papua Muda Inspiratif, yang merupakan hasil karya wirausahawan UMKM dan start-up milenial Papua, telah mengumpulkan dan melatih 265 pebisnis lintas bidang di dua provinsi, yakni Papua dan Papua Barat, dan secara bertahap melatih dan meningkatkan kemampuan pebisnis muda tersebut.

“Roadshow telah kami lakukan bekerja sama dengan Kitong Bisa Enterprise, sebuah lembaga yang berfokus melatih kewirausahaan milenial di Papua dan Papua Barat, dan pada 17-19 Februari nanti, kami akan melatih 45 pebisnis muda di Jayapura, Papua, dan akan melaunching dan memperkenalkan 21 unit usaha binaan UMKM milik anak milenial di Sorong, Papua Barat, yang didanai permodalan UMKM sebesar Rp1,44 milyar,” Ujar Billy yang saat ini memegang Jabatan sebagai Direktur Utama PT. Papua Muda Inspiratif.

Kedatangan Billy Mambrasar, dalam rangka kunjugan kerja di sambut baik oleh Pemerintah Kota Ambon, Maluku. Billy terjadwal akan bertemu dengan lebih dari 2.000 milenials Kota Ambon, di tujuh talkshow yang berbeda, dalam kunjungannya di Bulan Februari ini, yang telah di mulai sejak 12 Februari lalu sebagaimana rilis yang diterima redaksi Papuaunik.com

“Antusiasme anak Maluku sangat luar biasa, saya bersyukur dan bangga menjadi anak Indonesia Timur. Bayangkan, dengan talkshow yang serius dan topik yang peran milenial melalui kewirausahaan, semua talkshow yang telah kami gagas bersama dengan berbagai organisasi kepemudaan di Maluku penuh terisi. Ini menunjukkan bahwa ekosistem anak muda Ambon untuk adanya pusat pembinaan kreatifitas dan kewirausahaan UMKM dan start up yang sedang dibangun, akan maju pesat”, ujar Billy Mambrasar, dengan optimis.

Pemerintah Kota Ambon baru saja mendapat kabar tentang peluncuran Dana dari Pusat (Kementerian PUPR) sebesar kurang lebih Rp204 milyar untuk pembangunan pusat pengembangan UMKM dan kewirausahaan milenial di Provinsi Maluku, atas perintah Presiden RI, dan merupakan dorongan inisiatif dari KABIN Budi Gunawan, dengan tujuan, peningkatan SDM mIlenial Papua untuk ikut menyukseskan pembangunan melalui giat wirausaha.

Memanfaatkan kunjungan kerjanya Billy Mambrasar, bersama dengan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengadakan rapat tertutup bersama seluruh SKPD di Kota Ambon, yang terkait dengan pembangunan pusat kreatifitas dan UMKM tersebut.

Billy membagi konsep berdasarkan pengalamannya melihat pusat pengembangan kewirausahaan tersebut di berbagai negara, dan juga dalam kapasitasnya sebagai Direktur Utama PT. Papua Muda Inspiratif, yang sedang membangun hal yang sama di Provinsi Papua.

“Saya baru saja dikukuhkan menjadi anak adat Maluku dari Kampung Amahusu, dan saya satu-satunya Staf Khusus Presiden RI dari daerah terluar, khususnya Indonesia Timur. Sehingga saya merasa bertanggung jawab penuh juga untuk ikut terlibat dan mengawasi proses pembangunan pusat pengembangan UMKM ini kedepannya. Saya juga akan bersama dengan staf khusus Presiden RI milenial lainnya seperti Putri Tanjung, akan ke ambon untuk mengadakan pelatihan wirausaha untuk milenial di kota Ambon. Semakin banyak wirausaha, semakin giat aktifitas ekonomi di Kota Ambon dan Provinsi Maluku, maka akan semakin meningkat kesejahteraan Masyarakat”, ujar Billy panjang lebar menyatakan dukungannya kepada Walikota Ambon.

Proses pembangunan Pusat Kegiatan Pembinaan Kreatifitas dan Kewirausahaan UMKM ini akan mulai dikerjakan pada tahun 2021, dan sambil menunggu proses pembangunannya, dengan bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UMKM, Staf Khusus Presiden RI Milenial yang lain, Pemerintah Kota Ambon, dan Pemerintah Provinsi Maluku, akan diadakan pelatihan-pelatihan bisnis secara berkala, untuk mempersiapkan anak muda Kota Ambon untuk dapat mengelola pusat pengembangan tersebut.(Ian/dsb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

25 − = 20