Polisi Jayapura tanam 200 pohon di bukit teletabis

Papuaunik – Personil Polres Jayapura bersama pejabat utama Polda Papua dan komunitas go wes (sepeda) Jayapura menanam sebanyak 200 pohon di bukit teletabis di Doyo Lama, Distrik Waibu, Kabupaten  Jayapura

Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon di Sentani, Kabupaten Jayapura mengatakan penanaman pohon itu sudah berlangsung pada Sabtu (4/1) pagi.

The pinang “polisi sentani cinta lingkungan” dalam mendukung program Kapolri “Polri peduli penghijauan” menanam sebanyak 200 pohon berbagai jenis di bukit teletabis yang dipimpin langsung oleh Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon.

Penanaman itu dihadiri para pejabat utama Polda Papua, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura, anggota Polres Jayapura dan anggota komunitas go wes Jayapura.

Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon di Sentani, mengemukakan kegiatan the pinang (polisi sentani cinta lingkungan) Polri Peduli penghijauan merupakan program Kapolri, setiap personil Polri wajib menanam pohon, bisa dimana saja dari lingkungan markas kepolisian.

Lanjut dia, seperti di halaman rumah ataupun di ruang- ruang yang memang dilihat bahwa ada ancaman bencana yang cukup tinggi.

“Ini akan kita lakukan secara berkelanjutan, tentunya tujuannya untuk menjaga alam, pada prinsipnya kalau kita jaga alam maka alam juga akan menjaga kita, memang tidak terlihat sekarang namun bila dijaga terus dan dipelihara mungkin 10 atau 20 tahun ke depan akan bermanfaat bagi anak cucu kita,” katanya.

Menurut dia, lokasi untuk program the pinang ini pastinya di Mako Polres, Polsek, dan halaman rumah hingga tempat-tempat yang akan dikoordinasikan dengan pemerintah daerah dimana saja yang  perlu dan bisa ditanami.

Terutama, kata dia, daerah yang rawan longsor, misalnya di jalan Sentani Timur yang berada di kaki gunung,  lereng- lereng tersebut akan ditanami beragam jenis tanaman merambat atau yang berakar serabut.

Suasana tim yang menanam pohon di bukit Teletabis (Humas Polres Jayapura)

“Penanaman kali ini pohon yang di tanam sebanyak 200 pohon di bukit teletabis, nanti pada 10 Januari 2020 akan dilaksanakan serentak juga oleh jajaran Polri di seluruh Indonesia,” ujarnya.

“Kita dan juga dibantu mitra sudah menyediakan 1.000 bibit pohon, tentunya kita akan bermitra dengan pemerintah,TNI maupun stake holder lainnya yang ada di Kabupaten Jayapura, sehingga program ini bisa menjadi program sinergritas, bersama – sama kita peduli terhadap lingkungan,” tambah Kapolres Victor. (ma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

56 + = 62