Pelajar SMAN 4 Jayapura diajak bijak bermedsos

Papuaunik, – Para pelajara SMAN 4 Jayapura, Kota Jayapura, Papua, diajak bijak untuk menggunakan media sosial (medsos) sehingga terhindar dari penyebaran informasi hoax yang bisa membuat kegaduhan.

Ajakan ini dilakukan oleh personel Dit Reskrimsus Polda Papua sebagaimana permintaan pihak sekolah, yang terletak di Jalan Beringin, Kelurahan Entrop, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua, Rabu.

Selain ajakan untuk bertindak bijak dalam menggunakan medsos, personel Dit Krimsus Polda Papua juga menggelar pemeriksaan handphone (Hp), agar para siswanya tidak termakan berita-berita hoax dan menekan kejahatan dunia maya atau kejahatan Informasi Teknologi dan Elektronik (ITE).

Kasubbdit 5 Cyber Dit Reskrimsus Polda Papua Kompol Cahyo Sukarnito menyampaikan maraknya berita hoaks bisa mengancam persatuan dan kesatuan Indonesia.

Sebab itu, menurut perwira menengah itu generasi muda yang melek teknologi harus bijak dalam bermedia sosial. Hoaks atau berita bohong sudah merambah ke kalangan pelajar.

“Ironisnya, justru ada masyarakat yang menjadikan berita hoaks sebagai informasi. Pelajar bisa mendapatkan berita atau informasi yang belum jelas asal usulnya. Bahkan informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan,” katanya.

Menurutnya pelajar harus menerapkan kiat ‘saring sebelum sharing’. “Kita sampaikan kepada siswa siswi, gunakanlah alat-alat tersebut yaitu media sosial untuk hal-hal yang positif. Untuk hal-hal yang dapat mendukung dan meningkatkan prestasi. Jangan mudah percaya atau terprovokasi adanya berita atau informasi yang belum tahu asal usulnya alias berita hoax,” katanya.

“Saring sebelum sharing itu kuncinya untuk mengantisipasi berita hoaks. Jangan sampai para pelajar yang suka berbagi informasi dan konten di media sosial, menjadi korban dan terjerat oleh Undang-Undang ITE,” katanya lagi.(Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 62 = 71