Lima kali dievakuasi warga Yapen akhirnya ikan paus mati

Papuaunik, – Sebanyak lima Kali dievakuasi ke laut, ikan paus di Wairori, Distrik Kepulauan Ambai, Kabupaten Kepulaun Yapen kembali ke pesisir pantai dan akhirnya pada Selasa (5/11) dikabarkan mati.

Ikan paus tersebut padahal sempat dievakuasi langsung oleh rombongan Bupati Kepulauan Yapen Tonny Tesar yang didampingi Sekda Alexander Nussy, Kapolres Kepulauan Yapen AKBP Penri Erison, Kadis Perikanan dan Kelautan Daniel Reba serta Kasat Pol Air Polres Kepulauan Yapen pada Senin (4/11).

Pada itu, proses evakuasi mamalia laut ini mendapat perhatian dari warga disekitar lokasi terdamparnya paus tersebut.

Salah seorang warga, Chris Waromi menjelaskan bahwa ikan paus tersebut ditemukan sekitar pukul 03.00 WIT dini hari ketika hendak mencari ikan.

“Sekitar jam 3 pagi, kami lihat paus tersebut,” kata Chris.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kepulauan Yapen, Daniel Reba menjelaskan bahwa evakuasi pun dilakukan sejak pagi hingga sore hari namun sayangnya sebanyak lima kali evakuasi yang dibantu dengan menarik ikan tersebut dengan perahu hingga menggunakan speeboad tidak berhasil karena ikan paus tersebut kembali menuju kearah pesisir pantai.

“Ikan paus itu diperkirakan berukuruan 12 meter dengan banyak luka di kulit, ekor, sirip dan badannya. (Ian/Humas Kepulauan Yapen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

83 − = 77