Polisi Jayapura tilang 314 kendaraan

Papuaunik-Satuan lalulintas Kepolisian Resor Jayapura menilang sebanyak 314 kendaraan pafa hunting system dan razia terpusat dalam rangka Operasi Zebra Matoa 2019 hari terakhir di depan Pos Polantas Pati 1 dan depan Kantor Satuan Lalu Lintas Polres Jayapura, Selasa (05/11) lalu.

Kasat Lantas Polres Jayapura AKP Andika Temanta Purba melalui catatan tertulis yang diterima di Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat, menjelaskan kegiatan hunting system dipimpin oleh Kanit Turjawali Sat Lantas Polres Jayapura Aipda Jack Taime dengan melibatkan delapan personil Unit Turjawali Sat Lantas Polres Jayapura.

Sedangkan Razia terpusat dipimpin oleh Kaur Bin Ops Sat Lantas Polres Jayapura IPTU Isro Najemudin yang melibatkan 25 personil Sat Lantas Polres Jayapura.

Adapun sasaran dalam giat razia tersebut seperti hari sebelumnya yakni Pengendara yang tidak menggunakan Helm SNI, Menggunakan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) yang tidak sesuai dengan ketentuan, kendaraan roda dua yang tidak dilengkapi dengan kaca spion.

Selanjutnya, pengendara yang masih di bawah umur, melanggar aturan batas kecepatan, pengendara atau pengemudi yang saat mengendarai atau mengemudikan kendaraan sambil menggunakan hendphone, melawan arus lalu lintas serta kelengkapan kendaraan dan surat-surat kendaraan.

“Kegiatan hunting system dan razia terpusat pada hari terakhir dalam rangka Operasi Zebra Matoa 2019 Polres Jayapura yang dilaksanakan pada Selasa lalu, berhasil mengamankan 82 unit kendaraan yang tidak memenuhi ketentuan atau melanggar aturan lalu lintas,” ujarnya.

Dari 82 kendaraan itu, lanjut dia, 74 di antaranya di berikan sanksi tilang kepada pengendara roda dua maupun kendaraan roda empat.

Suasana anggota Polres Jayapura menilang salah satu pengendara

Hingga hari terakhir, kata dia, yakni Operasi Zebra Matoa 2019, Sat Lantas Polres Jayapura telah melakukan tindakan tilang kepada pelanggar sebanyak 314 yang meliputi 281 tindakan tilang kepada pengendara roda dua, 13 tindakan tilang kepada pengemudi kendaraan roda empat.

Selanjutnya, 19 tindakan tilang kepada pengemudi kendaraan roda enam jenis truck kecil dan satu tindakan tilang diberikan kepada pengemudi kendaraan roda delapan jenis truk besar (Fuso).

Kasat Lantas juga menyampaikan dalam gelaran Operasi Zebra Matoa 2019, Sat Lantas Polres Jayapura melakukan empat langkah penertiban lalu lintas yakni dengan melakukan Razia terpusat, Hunting System dan Patroli Jalan Raya dan sosialisasi terhadap para pengendara dan pengemudi.

“Keempat upaya dilakukan agar kedepannya Masyarakat (pengendara/pengemudi) bisa mematuhi tata tertib berlalu lintas yang baik,” ujarnya.

Ia menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang telah merespon baik dengan adanya Operasi Zebra Matoa 2019. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada seluruh personil Satuan Lalu Lintas Polres Jayapura yang tanpa mengenal lelah melayani masyarakat demi terciptanya tertib berlalu lintas di wilayah Sentani Kabupaten Jayapura. (MA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 2 = 10