Peneliti sebut tinggalan megalitik tutari sumber kreatifitas

Papuaunik-Peneliti dari Balai Arkeologi Papua Hari Suroto menyebutkan tinggalan mengalitik di tutari, Doyo Lama, Sentani Barat bisa dijadikan sumber motif kreatif

“Motif-motif prasejarah seperti yang terlukis pada tinggalan megalitik tutari dapat dijadikan sebagai sumber kreatifitas yaitu dikreasikan menjadi motif batik, sablon kaos, lukisan kulit kayu, mural, stiker,” kata Hari Suroto di Jayapura, Jumat.

Selain itu, kata dia, motif-motif gerabah Papua yang sudah punah, bisa dihidupkan kembali, dan bisa diterapkan  pada gerabah Abar.

Motif-motif gerabah ini, lanjut Hari,  bisa dikreasikan juga sebagai motif batik Papua. Siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) punya nilai lebih yaitu setelah lulus sekolah, langsung bisa mandiri.

“Sehingga dengan mendapatkan pengetahuan baru tentang tinggalan arkelogi, maka akan timbul ide baru dalam kreatifitas mereka,” ujarnya.

Balai Arkeologi Papua berkomitmen berupaya meningkatkan kreatif yang mengandung seni guna meningkatkan ekonomi 

“Balai Arkeologi berkomitmen betul bagimana hasil penelitian itu bisa menjadi sebuah kreatifitas untuk peningkatan ekonomi,” kata Kepala Balai Arkeologi Papua Gusti Made Sudarmika.

Dalam rangka itu, kata dia, maka pihaknya berupaya menyosialisasikan tentang Arkeologi dan hasil penelitiannya. Pihaknya juga akan memberikan pemahaman tentang tinggalan-tinggalan budaya masa lalu yang bisa diangkat sebagai seni-seni yang mengandung kreatifitas.

“Seni-seni yang mengandung kreatifitas seperti seni lukis dan senj gambar itu dikaitkan dengan pola-pola hias yang merupakan hasil kajian dari arkeologi itu sendiri,” ujarnya.

Untuk itu, menurut dia, Balai Arkeologi mencoba untuk menkomunikasikannya dengan siswa-siswi SMK sebagai salah satu siswa yang diangkat secara bersama.

Sebelumnya, Balai Arkeologi Papua menyosialisasikan tentang Arkeologi untuk generasi milenial kepada para siswa di SMKN 5 Jayapura, pada Selasa (5/11). (MA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

74 + = 81