Diskebpar dorong pengembangan ekonomi kreatif lukisan kulit kayu

Papuaunik-Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Diskebpar) Kabupaten Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua mendorong mendorong serta memfasilitasi ekonomi kreatif lukisan kulit di Kampung Asei.

Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayapura, Elvis Kabey di Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat, mengatakan dengan diusulkannya kawasan danau sentani sebagai destinasi wisata unggulan nasional, pihaknya terus mendorong dan memfasilitasi para pelukis kulit kayu dari asei untuk promosi dan memasarkan karyanya.

“Kami pemerintah daerah kabupaten Jayapura akan terus mendorong dan memfasilitasi para pelukis kulit kayu dari asei untuk promosi dan memasarkan karyanya,” ujarnya.

Dalam setiap event, baik itu festival atau pameran pembangunan di Kabupaten Jayapura, kata dia, pihaknya selalu melibatkan para pelukis kulit kayu dari Kampung Asei.

Cory Ohee, pelukis kulit kayu dari Kampung Asei mengatakan pengetahuan melukis kulit kayu merupakan kreatifitas yang harus diteruskan ke generasi muda.

“Melukis ini merupakan bagian dari ekonomi kreatif yang mendatangkan penghasilan, untuk itu, saya sering diminta sekolah untuk mengajarkan siswa melukis kulit kayu,” ujarnya.

“Pihak sekolah juga minta saya mempersiapkan bahan-bahan untuk melukis seperti lembar kulit kayu, kuas dan pewarna,” ujarnya lagi.

Menurut dia, baru beberapa sekolah di Sentani yang mengundangnya bersama pelukis kulit kayu asei lainnya ke sekolah untuk mengajarkan cara melukis diatas kulit kayu.

“Baru satu atau dua sekolah yang mengundang saya dan pelukis kulit kayu asei lainya ke sekolah. Diharapkan semakin banyak sekolah yang mengundang pelukis kulit kayu masuk sekolah untuk mengajar,” ujarnya. (MA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 3 = 2