Peringati HUT, kerukunan Mahengke Nusa ibadah di Kayu Pulo

Papuaunik, – Guna memperingati HUT ke-64, persekutuan masyarakat Sangihe,Talaud dan Sitaro atau yang biasa disebut ‘Mahengke Nusa’ Wilayah Kota dan Kabupaten Jayapura akan menggelar ibadah syukur bersama di Kampung Kayu Pulo, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura.

Perayaan HUT ke-64 tahun ini mengusung tema ‘Mekaraki Pato Tumondo Mapua…,Boleng Balang Sengkahindo’ atau ‘Menghendaki kerja menjadi baik…,gotong royong jadi acuan’. ‘Sansiote Sampate-pate’ atau Kebersamaan dalam persatuan.

Ketua panitia pelaksana, Ulenaung Bawekes yang juga Ketua Kerukunan Mahengke Nusa Kota Jayapura mengatakan persiapan HUT kali ini di mulai dengan pembentukan panitia yang melibatkan semua unsur masyarakat baik Masyarakat Sangihe, Talaud, dan Sitaro.

“Dalam rangka HUT Mahengke Nusa ke-64, panitia akan melaksanakan dua kegiatan yaitu Ibadah Syukur bersama masyarakat Kampung Kayu Pulo ,Distrik Jayapura Utara yang akan di awali dengan Ibadah bersama Jemaat GKI Ebenheazer pada 27 Oktober 2019,” katanya.

Kampung Kayu Pulo, kata dia, dipilih sebagai tempat pelaksanaan ibadah syukur, karena sebagai bagian dari sejarah masuknya Injil yang di bawa oleh pendahulu-pendahulu masyarakat Sangihe Talaud ke Papua, tepatnya di Kota Jayapura.

Selanjutnya, kata dia, panitia akan melaksanakan kegiatan yang kedua, yaitu pentas seni dan budaya yang akan dilaksanakan pada 9 November 2019 di Taman Imbi, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura.

“Kegiatan ini di maksud sebagai perwujudan eksistensi masyarakat Sangihe, Talaud, dan Sitaro di Kota dan Kabupaten Jayapura,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, lanjut dia, Masyarakat Sangihe, Talaud, dan Sitaro akan memperkenalkan budaya daerah berupa Makanan Khas, Pakaian Adat, Musik Bambu, Lagu lagu serta Tarian Khas Masyarakat Sangihe, Talaud dan Sitaro.

“Intinya ada peragaan seni dan budaya asal kampung kita,” kata Ulenaung Bawekes.

Sementara itu, Herlina Sanggamele mengajak kepada segenap warga Mahengke Nusa yang ada di Kota dan Kabupaten Jayapura dan sekitarnya agar bisa ikut serta dalam kegiatan yang dimaksud.

“Perayaan HUT ini sebenarnya untuk menjalin keakraban dan kekeluargan sesama warga Sangihe, Talaud dan Sitaro yang tergabung dalam warga Mahengke Nusa. Ini acara dari kita, untuk kita, jadi mari bergabung, sekaligus mengenalkan diri satu sama lainnya,” katanya dosen teknik di Fakultas Teknik, Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura.

Adapun susunan panitia :

Ketua Panitia : Drs. Ulenaung Bawekes yang Ketua Kerukunan Mahengke Nusa Kota Jayapura.
Wakil Ketua :

  1. Jerihaard Tolip, S.IP.,M.IP yang juga Ketua Kerukunan Mahengke Nusa Kabupaten Jayapura
  2. Herlina Sanggamele, ST.,MT yang juga Ketua Kerukunan Porodisa-Talaud Kota Jayapura
  3. Hans Himber, SE., MM yang juga Ketua Kerukunan Sitaro Kota dan Kabupaten Jayapura

Sekretaris : Ferri Miteboga, SE

Wakil Sekretaris : Eddy S Adipati

Bendahara 1 : Dra. Silvia Uwutang

Bendahara 2 : Yeriati Gumolung

Di bantu oleh seksi-seksi yang di bentuk untuk mendukung kelancaran kegiatan.(Ian/dsb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

75 − = 74