Tokoh Adat : Cycloop punya potensi wisata yang menjanjikan

Papuaunik, – Tokoh adat atau Ondofolo Sereh Yanto Eluay berpendapat bahwa Cagar Alam Pegunungan Cycloop mempunyai potensi wisata yang sangat bagus dan menjanjikan namun perlu dikelola dengan baik untuk kepentingan semua pihak.

“Cycloop ini mempunyai potensi wisata yang menarik, punya potensi menarik wisatawan yang banyak untuk mendatangkan kebaikan semua pihak,” kata Yanto Eluay, dalam acara media gathering untuk pelaksanaan Festival Cycloop 2019 di Kota Jayapura, Papua, Rabu.

Potensi wisata itu, kata dia, perlu disinergikan dengan semua pemangku kepentingan, selain bisa mendatangkan income atau pendapatan bagi warga setempat dan pemerintah daerah, juga yang utama untuk melestarikan Cagar Alam Pegunungan Cycloop dari laju kerusakan ataupun karena tuntutan pembangunan.

“Hal inilah yang perlu kita dorong bersama, kita bergandengan tangan jaga Cycloop untuk kebaikan kita semua,” katanya.

Pada momentum itu, Ondofolo Yanto juga mengajak kepada semua pihak yang ikut menikmati sumber daya alam dari CA Pegunungan Cycloop agar memperhatikan kelestariannya, sehingga kelak nanti anak cucu juga bisa merasakan manfaat yang sama dari pegunungan yang memanjang dari Kabupaten Jayapura hingga Kota Jayapura itu.

“Mari kita semua jaga Cyloop, karena kerusakan yang terjadi sudah pasti akan mendatangkan persoalan bahkan bencana, perambahan hutan tidak sama dengan kerugian yang akan kita terima, maka itu jagalah Cycloop untuk masa depan bersama kita,” ajaknya.

Pelaksanaan Festival Cycloop II tahun 2019 telah berlangsung sejak 17 Oktober 2019 dan puncak acaranya akan dilaksanakan di Tugu Infantri, Ifar Gunung, Sentani, Kabupaten Jayapura.

Diantara rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan adalah pengenalan CA Pegunungan Cycloop, penanaman pohon dan sejumlah acara lainnya yang intinya bertujuan untuk menggaungkan perlindungan alam. (Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 2 = 4