Waka Polda Papua kunjungi koran kerusuhan Wamena di Posko Tongkonan

Papuaunik, – Bertempat di Posko Pengungsian Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Gedung Tongkonan Furia, Kotaraja, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Waka Polda Papua Brigjen Pol Yakobus Marjuki berserta rombongan mengunjungi dan meninjau kondisi korban kerusuhan Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Mantan Kapolres Puncak Jaya itu selain mendengarkan keluh kesah para warga korban kerusuhan, juga memberikan bantuan makanan kepada para pengungsi sebagaimana rilis yang diterima redaksi Papuaunik.com

“Mudah-mudahan ini bisa bermanfaat untuk kita semua, ada kebijakan untuk yang rumahnya tidak terbakar di sana sudah mulai pulang ke rumah di Wamena karena keamanan sudah menjamin bersama Bupati Jayawijaya,” katanya dihadapan para pengungsi.

Ia menilaih bahwa kerusuhan yang terjadi ternyata memberikan dampak yang cukup luar biasa dari kejadian di Kota wamena, terutama pelayanan pemerintah, namun belakangan ini sudah pulih dan berjalan.

“Memang ada sekitar delapan ribu pengungsi di Wamena mulai turun di sini, tadi saya informasi dapat sekitar 400-an yang dewasa,” katanya.

Ia juga mengungkapkan bahwa Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw juga telah memberikan bantuan berupa sembako dan para kapolres juga telah memberikan bantuan makanan.

Yakobus berharap setelah dinyatakan aman di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, para warga yang mengungsi bisa kembali untuk melakukan aktivitas seperti biasa lagi.

“Situasi yang aman dan damai ini yang kita harapkan untuk bisa kembali normal, bagi yang rumahnya terbakar akan dilakukan koordinasi bersama pemerintah supaya nanti ada bantuan-bantuan, mana kalau nanti ada bantuan juga langsung diterima kan kepada yang memang betul-betul yang rumahnya terbakar,” katanya.

“Informasi dari Panglima TNI bahwa akan menyediakan 1 Unit Kapal yang berfasilitas medis sehingga hal ini merupakan wujud pelayanan kesehatan yang di berikan oleh panglima TNI bagi warga warga pengungsi,” kata Yakobus.

Sementara itu, Ketua IKT Provinsi Papua Ir Elias Paonganan menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas empati dan simpati dari Polda Papua yang tak henti-hentinya menopang dan mendukung para korban dan pengungsi.

“Kami ingin menyampaikan bahwa yang meninggal sudah dikirim oleh pihak pemerintah kabupaten ke Tanah Toraja yang berjumlah 3 orang. Kami sampaikan terima kasih kemudian yang masih ada di rumah sakit juga sementara dokter sedang melakukan pengobatannya,” katanya.

“Kami semua sampaikan terima kasih atas kunjungan bapak Wakapolda Papua dan Kapolres Kota Jayapura, kiranya Tuhan senantiasa menolong dan memberkati dalam tugas dan tanggung jawab bagi Bapak Ibu sekalian dan tidak terlepas dari yang ada di tempat ini,” katanya.(Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 + = 30