Binmas Noken Polri ‘Pi Ajar’ di SD Oyehe Nabire

Papuaunik, – Binmas Noken Polri dari Polres Nabire menggelar kegiatan ‘Polisi Pi Ajar’ di SD Negeri Inpres Oyehe, Kabupaten Nabire, Papua.

Bripka Irma Sutari didampingi Bripda Gress Goo dan Bripda Imelda memprakarsai kegiatan Binmas Noken Polri Polres Nabire dengan mendatangi sekolah tersebut.

Apalagi, pihak SD Negeri Inpres Oyehe yang diwakili leh Wali Kelas 6A Selfiani Paliling menerima dengan baik dalam kegiatan ‘Polisi Pi Ajar’ yang melibatkan 30 murid.

Dalam pelaksanaannya Bripka Irma mengajak anak-anak bernyanyi untuk melatih konsentrasi, diantaranya mengajak anak-anak menyanyikan lagu Dari Sabang Sampai Merauke dan 17 Agustus.

Tak hanya itu saja, Bripka Irma dan kawan-kawan juga memberikan pemahaman tentang apa itu berita hoax? Berita hoax adalah berita bohong yang sengaja dibuat dan sebarkan untuk memprovokasi.

Cara untuk mengatasi berita hoax yaitu dengan cara mengenali judul, isi berita, tanyakan kepada sumbernya, karena biasanya berita Hoax judulnya sensasional sehingga mengandung unsur provokasi didalamnya.

“Jadi jangan mudah percaya dan terhasut dengan judul seperti itu karena bisa jadi berita itu adalah hoax.

Kemudian meneliti keaslian video atau fotonya, karena diera digital sekarang ini foto / video bisa diedit, jadi harus dicek keasliannya terlebih dahulu,” kata Bripa Irma kepada murid-murid SD kelas 6.

Menelusuri kebenaran berita itu, ungkap dia, berdasarkan fakta yang ada, karena kalau berita itu berdasarkan opini berarti berita itu bohong atau hoax.

“Jadi anak-anak kalau ada seperti begitu disaring dulu yah, sebelum bagi, artinya cermati dulu beritanya sebelum teruskan ke orang-orang,” kata Bripka Irma.

Wali kelas 6A Ibu Selfiani Paliling menyampaikan banyak terima kasih atas kunjungan dari Binmas Noken Polri dalam kegiatan ‘Polisi Pi Ajar’ yang sudah meluangkan waktunya untuk menambah pengetahuan kepada anak-anak SD Negeri Inpres Oyehe.

“Anak-anak kami sangat antusias sekali dengan kegiatan Polisi Pi Ajar, dimana mengajak anak-anak untuk mencermati apa itu berita hoax. Sekali lagi terima kasih kepada Binmas Noken Polri. Semoga Binmas Noken Polri bisa datang lagi ke sekolah kami dengan memberikan materi yang berbeda. Sukses buat Binmas Noken Polri Polres Nabire, dengan programnya Polisi Pi Ajar,” katanya.(Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

43 + = 45