Warga Serui juga gelar deklarasi kesepakatan jaga kedamaian

Papuaunik, – Warga Serui di Kabupaten Kepulauan Yapen, Provinsi Papua juga menggelar deklarasi kesepakatan bersama menjaga kedamaian di tanah Papua, sebagaimana digelar juga oleh sejumlah daerah lainnya.

Deklrasi yang digelar pada Senin pekan lalu itu, berlokasi di aula Hotel Merpati Jalan Ahmad Yani, Distrik Yapen Selatan, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua.

Kapolres Kepulauan Yapen AKBP Penri Erison memimpin langsung kegiatan deklarasi tersebut yang dijadir oleh sejumlah pelangku kepentingan.

“Banyak sekali peristiwa yang terjadi karena berkembangnya berita-berita bohong atau isu yang dibuat oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, untuk itu saya mengajak saudara-saudara kita agar tidak terprovokasi untuk melakukan aksi demo lagi,” katanya.

Selaku Kapolres Yapen, kata dia, mengajak seluruh kalangan masyarakat khususnya di daerah Kabupaten Kepulauan Yapen untuk menjaga Papua sebagai Tanah Damai.

“Mari bersama kita tolak berita hoax serta isu Sara yang berkembang di Papua saat ini, bersama pemerintah daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta tokoh adat kita jaga Kabupaten Kepulauan Yapen ini agar tetap aman dan kondusif,” katanya.

Penri berharap masyarakat di daerah itu dapat melaksanakan aktivitas seperti biasa.

Sementara itu, Dandim 1709/Yawa Letkol Inf Leon juga juga menyampaikan hal yang sama.

“Sebelumnya banyak kejadian yang berdampak buruk telah terjadi membuat kondisi Papua kurang kondusif tetapi sekarang di sejumlah tempat di Papua telah terselenggarakannya deklarasi kesepakatan bersama menjaga Papua sebagai Tanah Damai khususnya Serui yang dari dulu terkenal sebagai Zona Damai,” katanya.

Leon berharap warga di Yapen lebih bijak dalam menyikapi persoalan kekinian sehingga tidak terpengaruh dengan ajakan yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen Tonny Tesar, unsur Forkopimda, Dandim 1709 Yawa, seluruh organisasi terkait, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat.(Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 + 5 =