Tokoh Mappi ajak warga bersatu dan tidak terprovokasi isu perpecahan

Papuaunik, – Tokoh Mappi Valentinus Yabag Kamkaimu mengajak segenap warga yang ada di daerah itu untuk bersatu dan tidak cepat terprovokasi dengan isu perpecahan yang bisa merusak tatanan kehidupan yang telah tercipta dan terjaga dengan baik.

Hal ini disampaikan oleh Valentinus yang juga Ketua LMA Kabupaten Mappi usai digelar deklarasi kesepakatan menjaga kedamaian di tanah Papua, khususnya di daerah itu pada Senin pekan lalu.

“Saya minta nuansa kelompok atau kesukuan segera dihilangkan. Semua pihak berpikir sebagai sebuah kesatuan di bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” katanya.

“Jangan ada lagi kelompok orang asli Papua atau kelompok suku lain kita ini satu, semua warga Indonesia,selama ini seluruh komponen masyarakat Mappi yang memiliki latar belakang berbeda bisa hidup berdampingan secara harmonis,” sambungnya.

Valentinus juga menegaskan bahwa kerukunan dan kedamaian harus terus dirajut sehingga tidak ada yang bisa mengikis rasa persaudaraaan dan kebersamaan yang telah ada.

“Kita tunjukan perdamaian kepada daerah lain bahwa Mappi yang selama ini tanpa ada gesekan atau konflik dengan masyarakat lain dan ini kita harus pertahankan dalam menjaga kesatuan dari berbagai suku, budaya dan agama, kita harus tetap bersatu menjaga NKRI,” kata Valentinus.

Sementara itu, Kapolres Mappi AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan mengatakan Mappi adalah wilayah yang dinilai dan tercatat aman di Papua.

“Sehingga, kami berharap deklarasi ini bisa diterapkan ke masyarakat dan berharap semua masyarakat menjaga Papua terkhusus di Mappi tetap damai.Semoga dengan adanya deklarasi damai akan bergema di seluruh Papua, dan ini menjadi tonggak sejarah yang patut di sebar luaskan dan di ingat sampai anak cucu kita bahwa pada 09-09-2019 adalah suatu sejarah baru di mappi dengan melantangkan persatuan dan kesatuan antar suku, etnis, agama dan budaya di Mappi,” katanya.(Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

50 − 45 =