Tokoh agama himbau mahasiswa Papua kembali kuliah

Pdt MPA Mauri (kiri)

Papuaunik, – Salah satu tokoh agama di Papua, Pdt MPA Mauri menghimbau kepada mahasiswa yang pulang ke Bumi Cenderawasih agar kembali ke kota studi masing-masing untuk melanjutkan kuliah.

“Saya minta kepada adik-adik mahasiswa agar berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk kembali ke tempat kota studi masing masing,” katanya di Kota Jayapura, Papua, Kamis.

Sebab studi atau belajar, kata dia, sangat penting untuk masa depan, sehingga diharapkan bisa selesai kuliah dan kembali membangun daerah.

“Tidak usah terpengaruh dengan situasi dan kondisi sata ini. Hal-hal yang berhubungan dengan keamanan, nyawa kita pertama serahkan kepada Tuhan dan kedua serahkan kepada pihak yang berwajib,” katanya.

“Tidak usah sungkan atau segan lapor saja ke pihak berwajib. Sekali lagi saya harap adik-adik mahasiswa bisa kembali melanjutkan pendidikannya di kota studi masing-masing sampai selesai atau tuntas. Sebab masa depanmu ada ditanganmu sendiri,” katanya.

Berdasarkan data yang dihimpun dilapangan, sebanyak 2047 mahasiswa Papua yang kembali dari kota study masing-masing karena imbas dari sikap rasisme dan intimidasi pada Agustus lalu di Surabaya dan Malang, Jawa Timur.

Mahasiswa terbanyak yang kembali ke Papua berasal dari Kabupaten Yahukimo. Menurut Bupati Abock Busup dari 1950 mahasiswa daerahnya yang berkuliah di sejumlah kota studi.

“Sebanyak 600 diantaranya sudah kembali pulang ke Papua, 150 lainnya ada di ibu kota (Jakarta,red),” katanya. (Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

24 − 16 =