RSUD Jayapura terapkan sistem informasi manajemen rumah sakit

Pelaksana tugas Direktur RSUD Jayapura, Aloysius Giyai

Papuaunik-Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura, Provinsi Papua mulai menerapkan sistem informasi manajemen rumah sakit (SIM-RS).

Pelaksana tugas Direktur RSUD Jayapura, Aloysius Giyai di Jayapura, Rabu, mengemukakan dalam rangka penyelengggaraan pelayanan kepada masyarakat,perkembangan sistem informasi rumah sakit yang berbasis komputer maka pada Rabu (11/9) besok, RSUD Jayapura mulai menerapkan SIM-RS berbasis online/vcr star.

“Rumah Sakit sebagai salah satu institusi pelayanan kesehatan masyarakat, akan melayani traksaksi pasien dalam kesehariannya, pemberian layanan dan tindakan dalam banyak hal akan mempengarui kondisi dan rasa nyaman bagi pasien,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Aloysius, semakin cepat akan semakin baik karena menyangkut nyawa pasien/untuk itu RSUD Jayapura. Terkait itu, pada Rabu besok rumah sakit ini akan menerapkan SIM-RS berbasis online.

Aloysius mengatakan, hari ini telah berkomitmen meluncurkan penerapan SIM-RS aplikasi online dirumah sakit ini. Tahap pertama mengunakan front office di unit terdepan dari sebuah rumah sakit loket, kasir Unit Gawat Darurat (UGD), rawat jalan,laboratorium dan farmasi telah memulai penerapan dan berikutnya seluruh layanan menyusul akan teraplikasi.

“Sistem informasi manajemen saat ini merupakan sumber daya utama yang mempunyai nilai strategis dan mempunyai peranan yang sangat penting sebagai daya saing serta kompetensi utama sebuah organisasi dalam menyongsong era informasi ini di bidang kesehatan,” ujarnya.

Lanjut dia, terutama rumah sakit sangat membutuhan sistem informasi manajemen untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat guna menyongsong indonesia sehat dalam rangka penyelengggaraan pelayanan kepada masyarakat.

Aloysius yang juga Kepala Dinas Ksehatan Provinsi Papua itu menambahkan, sistem informasi manajemen saat ini merupakan sumber daya utama yang mempunyai nilai strategis dan mempunyai peranan yang sangat penting sebagai daya saing serta kompetensi utama sebuah organisasi dalam menyongsong era informasi ini.

“Di bidang kesehatan, terutama rumah sakit sangat membutuhan sistem informasi manajemen untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat untuk menyongsong indonesia sehat,” tambah mantan Direktur RSUD Abepura itu. (MA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

50 − = 44