Perwakilan LSM diskusi pemilu dengan Komnas HAM Papua

Suasana diskusi pemilu para perwakilan LSM dengan Komnas HAM Provinsi Papua di Kota Jayapura.

Papuaunik, – Sejumlah perwakilan LSM di Bumi Cenderawasih menghadiri diskusi dengan topik pemilu 2019 yang digelar oleh Kantor Perwakilan Komnas HAM Provinsi Papua di Kota Jayapura.

Perwakilan LSM yang hadir diantaranya dari AlDP, Elsham Papua, Tiki, SKPKC, LBH Justice dan LBH Papua, Jerat Papua, Yadupa dan sejumlah aktivis independen lainnya.

Diskusi yang digelar di Kantor Perwakilan Komnas HAM Provinsi Papua yang terletak di Dok V Bawah, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, pada Jumat pekan kemarin itu mengemuka sejumlah hal.

“Diantaranya sejumlah daerah rawan konflik, pendistribusian logistik dan form C6 hingga penghitungan suara yang bisa menjadi persoalan,” kata Kepala Kantor Perwakilan Komnas HAM Provinsi Papua Frits B Ramandey.

Menurut dia, diskusi tersebut juga ingin mendorong bagaimana hak konstitusi tiap warga negara yang ada di provinsi paling timur Indonesia itu bisa tersalurkan dan tidak terhambat karena persoalan yang terjadi.

“Dari diskusi ini juga ingin mendorong adanya partisipasi warga negara dengan meminta kepada para penyelenggara, KPU dan Bawaslu, tapi juga pihak kepolisian untuk pastikan agar warga negara tersalurkan hak politiknya,” katanya.

Lebih lanjut mantan Ketua AJI Jayapura itu mengemukakan bahwa dari hasil diskusi tersebut disepakati untuk membuat posko pemantau pemilu 2019.

“Jadi, Komnas HAM Papua akan membuka posko pemantau pemilu,” katanya. (Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 1 = 1