KPU Papua sosialisasi pemilu di distrik perbatasan RI-PNG

Komisioner KPU Papua bidang sosialisasi dan partisipasi masyarakat, Tarwinto.

Papuaunik, – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua mensosialisasikan hal-hal teknis terkait pesta demokrasi di salah satu distrik di perbatasan RI-Papua Nugini (PNG), tepatnya di Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua.

Tarwinto, komisioner KPU bidang sosialisasi dan partisipasi masyarakat di Kota Jayapura, Minggu, kegiatan tersebut telah digelar pada Sabtu (30/3) pagi hingga sore.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Sandra Mambrasar selaku Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Provinsi Papua, Diana Dortea Simbiak selaku Komisioner Program dan Data KPU Provinsi Papua, Rahmi Utami selaku Kasubag KPU Provinsi Papua, serta Bobi Awi perwakilan pemerintahan setempat.

“Kami ingingak daerah di perbatasan atau pinggiran mendapatkan informasi yang sama dengan daerah perkootaan, apalagi caleg ataupun partai jarang sambangi,” katanya.

Ia menyebutkan para peserta sosialisasi sekitar 100 orang dari warga yang tinggal dari sejumlah kampung dan kelurahan yang ada di perbatasan RI-PNG.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah agar meningkatkan partisipasi rakyat dalam memilih. Tentunya bisa menyalurkan pilihannya sesuai dengan hati nurani,” katanya.

Mengenai hal teknis yang disampaikan kepada warga, Tarwinto yang sudah dua periode di KPU Papua mengungkapkan diantaranya terkait waktu pencoblosan, warna surat suara untuk para caleg dan capres, dan cara melipat surat suara usai mencoblos.

“Harapan yang utama adalah warga tetap menggunakan hak pilihnya karena negara telah
menyiapkan segala logistiknya jadi jangan disia-siakan. Atau kata tepatnya tidak golput,” ujarnya. (Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 + 1 =