Warga Enggros Bangun Jembatan Keliling Kampung

Kepala Kampung Enggros, Orgenes Meraudje berdiri diatas sebagian jembatan yang sudah selesai di kerjakan

Papuaunik-Warga yang berdomisli di Kampung Enggros, Distrik Abepura, membangun jembatan mengeliling kampungnya. Pembangunan jembatan tersebut sudah dimulai sejak 2018 lalu.

Kepala Kampung Enggros, Orgenes Meraudje di Kampung Enggros, Senin, mengatakan jembatan yang dibangun itu panjangnya sekitar 900 meter, dan pembangunan yang sudah dselesaikan sekitar 400 meter lebih.

“Anggaran yang kami gunakan untuk membangun jembatan ini bersumber dari dana desa. Mengapa kami bangun jembatan, karena tingkat kesulitan di kampung Enggros cukup tinggi,” katanya.

Kelanjutan pembagunan jembatan itu, menurut dia, akan terus melibatkan masyarakat kampung/swakelola, karena secara tidak langsung masyarakat membantu pemerintahan kampung untuk membangun kampungnya.

Orgenes tidak menyebutkan jumlah total dana desa yang digunakan untuk membangun jembatan yang mengelilingi kampungnya. Orgenes menyebutkan, jumlah total dana desa yang diterima tiap tahun sebesar Rp1 miliar.

“Tahun ini sisa pembangunan jembatan ini akan diselesaikan dengan tetap melibatkan masyarakat kampung/swakelola. Kami akan mencoba untuk memulai itu,” katanya.

Pelibatan masyarakat dalam pembangunan jembatan ini memuaskan, dan menghemat pembiayaan. Masyarakat bekerja dengan sangat baik, mereka bisa bekerja dengan cepat dan rapi.

“Masyarakat bekerja dengan sangat baik sekali, mereka cor tiang pancang beton dengan baik, mereka tanam tiang pancang itu dengan baik, mengait kayu dengan kawat dan kemudian di paku, sampai bisa memaku papan jembata, masyarakat kampung yang kerja semuanya,” ujarnya.

Tiang jembatan itu terbuat dari besi beton yang dicor kemudian ditanam dilaut/diatas air, kemudian kayu balok diatasnya diikat dengan kawat lalu dipaku, kemudian diatasnya dialas dengan papan yang dipaku.(Ms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 − 15 =