Kapolda Papua : 60 persen korban laka lantas adalah kaum millenial

Kapolda Papua Irjen Pol Martuani Sormin Siregar

Papuaunik, – Kapolda Papua Irjen Pol Martuani Sormin Siregar menyebutkan sebanyak 60 persen dari 300 ribu korban kecelakaan lalu lintas (Laka lantas) yang meninggal dunia di Provinsi Papua adalah kaum millenial.

“Mobilitas yang cepat berdampak positif dan berdampak buruk apabila tidak dimanfaatkan dengan baik bisa menimbulkan kecelakaan, berdasarkan informasi kecelakaan menyebabkan 2,1 juta jiwa penyebab kematian dan di Provinsi Papua sekitar lebih 300 ribu meninggal dunia yang mana 60 persen korbannya adalah kelompok millenial,” kata jenderal bintang dua itu.

Pernyataan ini disampaikan oleh mantan Kapolda Papua Barat itu dihadapan 75 ribu warga yang hadir dalam acara ‘Millenial Road Safety Festival 2019’ yang dipusatkan di halaman kantor gubernur Papua di Jalan Soasiu, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua, Sabtu pagi.

Suasana di panggung hiburan Millenial Road Safety Festival 2019

“Mereka lupa karena jiwa muda, sehingga mereka tertantang. Oleh karena itu PBB membuat acara bagaimana agar meminimalkan kecelakaan. Sehingga pada hari ini sebagai instruksi presiden agar melaksanakan acara ini dengan harapan tidak ada lagi yang menjadi korban kecelakaan,” katanya.

Menurut Martuani yang pernah menjabat sebagai Kadiv Propam Mabes Polri itu, tujuan dari Presiden Jokowi menginstruksikan menggelar acara itu adalah sederhana.

“Agar kelompok millenial tidak menjadi korban kecelakaan, karena millenial adalah penerus bangsa dan karena dibawah pundak kalian bangsa ini ditentukan. Oleh karena itu penyuluhan keselamatan lalu lintas perlu dan hari ini kita laksanakan millenial road safety festival,” katanya.

Penyanyi Siti Badriah (kiri) yang ikut meramaikan Millenial Road Safety Festival 2019 (foto istimewa)

Papua, lanjut dia, tidak terpisahkan dari Indonesia. Papua adalah Indonesia. “Oleh karena itu jauhi minuman keras (miras) sehingga dalam berlalu lintas saudara tidak menjadi korban,” katanya lagi.

Dalam acara tersebut nampak hadir komedian Yewen yang mengguncang perut para millenial sehingga terbahak-bahak mendengarkan stand comedy pemuda asal Sorong, Papua Barat itu.

Bukan hanya dalam bentuk stand up comedy atau MOB ala Papua saja, para millenial juga diajak bergoyang dengan kehadiran Siti Badriah yang mendendangkan lagu ‘syantik.

Duo Serigala sesaat sebelum pentas dalam Millenial Road Safety Festival 2019 (foto istimewa)

Dan tampilan ‘hot’ ala Duo Serigala yang membuat para kaum millenial berdecak kagum, seakan-akan ingin mendekati panggung acara Millenial Road Safety Festival 2019.

Namun sebelumnya, kegiatan tersebut diawali dengan jalan santai yang mengambil rute start dari halaman kantor gubernur, lampu merah Dok 2, GOR Cenderawasih, Porasko lalu putar didepan Mako Lantamal X Jayapura, lewati Bank BI, Mall Jayapura, hingga kembali ke lampu merah Dok 2 dan selesai di kantor gubernur.

Pada saat jalan santai tersebut juga digelar pembentangan bendera Merah Putih dengan panjang 1.500 meter oleh warga dan aparat kepolisian.(Ian/Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

68 − 62 =