Antisipasi Banjir, Distrik Abepura Rutin Gelar Jumat Bersih

Suasana Pembersihan sampah di Dermaga Youtefa (Dokumen Distrik Abepura)

Papuaunik,- Pasca banjir yang terjadi beberapa waktu lalu di wilayah Distrik Abepura, Kota Jayapura, Provinsi Papua yang meneggelamkan Pasar Youtefa, distrik setempat rutin menggelar kebersihan tiap Jumat.

Kepala Distrik Abepura Dionisius Deda di Jayapura, Sabtu, mengatakan banjir tersebut menyisakan tumpukan sampah yang berserakan dimana-mana oleh sebab itu, menggelar kegiatan kebersihan tiap Jumat.

Dionisius menjelaskan, Jumat bersih dilakukan oleh seluruh stafnya, baik dari Distrik Abepura, Kelurahan dengan dibantu Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) di wilayah Way Morock beserta warga. Kegiatan Jumat bersih sudah mulai dilakukan di Dermaga Youtefa pada Jumat (1/3).

Musibah banjir pekan lalu mengiring sejuta berbagai macam jenis sampah yang menyumbat saluran air menuju laut. Akibatnya, air tergenang lalu meluap dan menutupi hampir seluruh wilayah pasar Youtefa.

“Mengantisipasi banjir kemarin, jadi kami dari Distrik Abepura rutin melakukan kegiatan Jumat bersih dengan di bantu oleh warga setempat untuk membersihkan daerah sekitar dermaga Youtefa,” ujarnya.

Mengapa Dermaga Youtefa dibersihkan, kata Dionisius, kerena masyarakat sering membuang sampah sembarangan, sehingga jika banjir, sampah menyumbat drainase yang bermuara ke laut.

“Kawasan ini juga kan sering dikunjungi orang-orang di seputaran Abepura, jadi kami ingin juga memberikan kenyamanan pada pengunjung yang ingin bersantai menikmati indahnya Teluk Youtefa ini,” katanya.

Kegiatan bersih lingkungan ini bukan hanya tiap Jumat, lanjut dia, namun akan dilakukan tiap hari libur dan melibatkan komunitas-komunitas pecinta lingkungan,Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan masyarakat umum.

Sampah di Dermaga Youtefa yang sudah dimasukan dalam kantong sampah
(Dokumen Distrik Abepura)

Kegiatan bersih-bersih ini tidak lain untuk menggugah rasa kepedulian terhadap lingkungan melalui kerja bakti sekaligus pemasangan “papan bicara” yang akan di pasang pada bebera titik yang sudah disiapkan.

“Kegiatan lanjutan Cinta lingkungan, Kerja Bhakti ini akan kita bicarakan pada Selasa dalam rapat bersama dengan Babinsa, Babinkamtibmas, Danramil, Kapolsek, Lurah sekaligus mempersiapkan dan mengantisipasi Pemilu yang sebentar lagi akan di gelar,” katanya.

Mila (40) salah satu warga Abepura, tapi juga pedagang yang mengalami kebanjiran pada beberapa waktu lalu di pasar Youtefa, yang juga terlibat dalam Jumat bersih, berterima kasih kepada kepala Distrik Abepura.

Mila mengaku, mendukung kegiatan tersebut. Dia berharap dengan Kegiatan bersih lingkungan itu, bisa menggugah rasa peduli terhadap lingkungan dari masyarakat yang tinggal di Kota ini.

“Kita jangan cuma mengeluh banjir dan sampah, tapi tidak ikut berperan membersihkan lingkungan, kalau hujan ya pasti akan banjir terus.Saya minta kalau bisa ada patroli untuk wilayah Dermaga Youtefa ini karena setiap malam banyak yang datang untuk bersantai-santai,” ujarnya.

Kebersihan lingkungan, tambah dia, buang sampah plastik, botol sembarangan, pola hidup akan mengakibatkan banjir terus menerus. (Ms/aryo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 57 = 66