Putri Tolikara lulus cum laude di Institut Teknologi DEL

Menko Bidang Kemartiman Luhut Binsar Panjaitan (kiri) dan Elvira Wenda (kanan)

Papuaunik, – Elvira Wenda, salah seorang putri asal Kabupaten Tolikara, Provinsi Papua meraih predikat cum laude di Institut Teknologi DEL, Sumatera Utara (Sumut).

Dia menjadi salah satu dari 323 mahasiswa/i dari berbagai program studi yang ikuti sidang terbuka wisuda ke XVI dan Dies Natalis ke XVIII yang digelar oleh kampus Insitut Teknologi DEL di Gedung Serbaguna Yayasan DEL Sitoluama, Laguboti, Toba Samosir, Sumut pada Sabtu (7/9).

“Selamat siang semuanya, nama saya Elvira Wenda, tidak pernah terpikir olehku untuk bisa bergabung dan menempuh pendidikan tinggi yang modern dan berkualitas disini,” katanya dalam sambutan dihadapan para tamu undangan dan para wisudawan/wisudawati, sebagaiamana rilis yang diterima Papuaunik.com

Elvira menyampaikan terima kasih kepada kepala daerah Tolikara dan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait yang telah menuntun dan membawanya ke Institut Teknologi DEL yang berada jauh dari kampung halamannya itu.

“Untuk itu, saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Usman Wanimbo yang telah memberikan saya dan teman-teman asal Tolikara kesempatan berkuliah secara gratis disini,” ujarnya.

Selain itu, Elvira juga menyampaikan hal yang sama kepada rekan-rekan kuliahnya di kampus binaan Luhut Binsar Panjaitan (LBP), Menteri Koordintor Bidang Kemaritiman serta para dosen dan para handaitaulan, karena selama tiga tahun menuntut ilmu bisa menyelesaikan kuliah dengan baik dan juga mengharumkan nama daerah.

“Saya juga sampaikan terima kasih untuk teman-teman dan seluruh dosen yang telah menerima dan mendidik kami dengan baik hingga selesai. Kiranya Tuhan memberkati kita semua dan yang banyak membantu kami,” tutup Elvira disambut tepuk tangan para tamu undangan.

Bupati Tolikara Usman Genongga Wanimbo (kiri) saat diberikan penghargaan oleh pembina Kampus Institut Teknologi DEL Luhut Binsar Panjaitan

Bupati Tolikara Usman Genongga Wanimbo (UGW) yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan Tolikara, Michael Ury Rapang ketika menghadiri acara wisuda itu, dalam sambutannya mengatakan sejak tiga tahun lalu pihaknya telah mengirimkan sebanyak 11 mahasiswa/i untuk menuntut ilmu di kampus tersebut, dimana salah satu diantaranya meraih predikat cum laude, sehingga pada tahun berikutnya berharap hal itu bisa diulangi lagi dengan prestasi yang lebih baik lagi.

Ia juga menghaturkan banyak terima kasih kepada pembina Kampus Institut Teknologi DEL yang juga adalah Menteri Bidang Kemaritiman Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan yang telah memberikan kesempatan kepada putra-putri asal daerahnya, sejak tiga tahun lalu untuk meraih cita-cita lewat kampus tersebut.

Ucapan terima kasih ini juga disampaikan kepada para staf dan dosen kampus ternama yang menjadi acuan di Sumut itu, serta meminta maaf jika ada kesalahan yang diperbuat oleh putra-putrinya asal Tolikara selama menempuh pendidikan.

“Saya ucapkan terima kasih untuk Pak Luhut Binsar Panjaitan karena sudah memberikan kesempatan bagi anak-anak kami dari Kabupaten Tolikara untuk mendapatkan pendidikan berkualitas di Kampus DEL ” Ucap Usman dalam sambutannya.

UGW Juga menyampaikan terimakasih untuk seluruh mahasiswa lainnya serta dosen dan para staf di kampus yang telah menerima dan mendidik anak anak tolikara selama 3 tahun.

“Seperti yang kita ketahui bahwa, saat ini kita berada di jaman persaingan teknologi informasi digital, maka saya merasa perlu adanya persiapan untuk menyiapkan SDM di bidang teknologi informasi dalam menghadapi tantangan ini dengan menyekolahkan putra-utri kami,” katanya.

Bupati UGW berharap atas keberhasilan 11 putra-putri asa Tolikara ini, Dinas Pendidikan setempat dapat meningkatkan kualitas pendidikan dari jenjang PAUD, TK, SD hingga SMA/SMK agar siap berkompetisi saat masuk di jenjang perkuliahan.

Dirjen Pajak Robert Pakpahan (kiri) dan Bupati Usman G wanimbo (kanan) berpose bersama usai menerima penghargaan dan cinderamata dari pembina Kampus Institut Teknologi DEL Luhut Binsar Panjaiatan.

“Semoga kedepan kita dapat melanjutkan kerja sama ini, mengingat lulusan pendidikan di bidang teknologi informasi untuk putra-putri di Tolikara masih sangat kurang,” tambah UGW lagi.

Luhut Binsar Panjaitan dalam sambutannya mengaku kagum dengan proses belajar dan perkuliahan yang ditempuh oleh 11 putra-putri asal Tolikara, apalagi salah satu diantaranya berhasil meraih nilai cum laude, dengan kata lain mereka mampu bersaing dengan standar nilai yang tinggi di kampus tersebut.

“Yang sebelas mahasiswa dari Tolikara coba berdiri, tadi saya dengar ada cum laude, Elvira Wenda…,” katanya.

Luhut langsung meminta izin kepada Bupati Tolikara Usman Wanimbo untuk membawa putra-putri asal Tolikara untuk bekerja di kementrian yang dipimpinnya sekaligus akan disekolahkan hingga ke S3.

“Saya minta izin kepada Bupati Tolikara, saya ingin bawa anak kita ini bekerja di Kementrian Kemaritiman di Jakarta dan akan saya sekolahkan sampai S2 dan S3, didalam atau diluar negeri,” kata LBP, disambut tepuk tangan meriah.

Secara terpisah, Michael Ury Rapang mengatakan akan segera menggenjot pendidikan di Tolikara terutama memberikan pendampingan kepada para pelajar yang akan lulus untuk bisa mempersiapkan diri dalam jenjang perkuliahan, serta melengkapi fasilitas pendukung belajar mengajar.

“Sesuai petunjuk Pak Bupati Usman, tahun ini kami akan perketat kontrol untuk bimbingan pelajar mulai dari fasilitas hingga kualitas pengajar agar lebih baik lagi dalam mempersiapkan pelajar Tolikara untuk mengikuti jenjang pendidikan di bangku perkuliahan,” katanya usai mendampingi Bupati UGW dalam acara wisuda.

Pada momentum itu, Luhut Binsar Panjaitan memberikan penghargaan dan cinderamata untuk Dirjen Pajak Robert Pakpahan dan Bupati Usman G wanimbo yang dianggap telah berhasil merumuskan ide peningkatan SDM putra-putri asli Tolikara untuk mendapatkan pengetahuan teknologi berkualitas dalam memenuhi kebutuhan tenaga ahli di daerah itu mulai dari tahapan seleksi hingga berhasil tamat.

Kehadiran Bupati Usman Genongga Wanimbo dalam acara wisuda putra-putri asal Tolikara di Kampus Institut Teknologi DEL merupakan bagian dari kunjungan kerja untuk mahasiswa/i asal daerah itu di kota studi lain di seluruh Indonesia. (Ian/dsb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

65 − 62 =