Luar biasa, Upacara HUT RI pertama kali digelar di PLBN Skouw

Para peserta upacara HUT Ke-74 Kemerdekaan RI di halaman PLBN Skouw, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (17/8)

Papuaunik, – Luar biasa. Mungkin itu kalimat yang tepat untuk pelaksanaan upacara HUT ke-74 Kemerdekaan RI yang pertama kali digelar di lapangan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua, Sabtu.

Biasnya, upacara HUT Kemerdekaan digelar di halaman Kantor Distrik Muara Tami, namun kali ini agak berbeda dimasa Yonif 713/ST sebagai satuan tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-PNG.

“Yang kami ketahui, upacara ini yang pertama kali di perbatasan, khususnya di halaman PLBN Skouw,” kata Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas RI-PNG Mayor Inf Dony Gredinand ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Sabtu malam.

Menurut dia, upacara itu berjalan dengan aman dan lancar serta penuh hikmat karena diikuti oleh sejumlah tamu undangan dan warga yang tinggal disekitar perbatasan RI-PNG.

“Tentunya ada rasa bangga, kami sebagai personel Satgas Pamtas Yonif 713/ST yang dapat diterima di masyarakat setempat dan kemauan masyarakat dengan ramai-ramai datang untuk memeriahkan serta mengikuti upacara detik-detik HUT RI ke-74 pada pagi tadi, hal ini menunjukkan bahwa masyarakat perbatasan sudah sangat mencintai NKRI,” katanya.

Ia menyebutkan Letda Inf Prabowo selaku komandan upacara yang memimpin dalam detik-detik Proklamasi Kemerdekaan HUT RI ke-74 berlangsung dengan aman dan hikmat.

Pada momentum ini nampak hadir Kepala Administrator PLBN Skouw Yan Z Numberi, Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Sarru, Kapolsek Muara Tami AKP Pieter Kalahatu dan Kadistrik Muara Tami Supriyanto.

Lalu, Danramil Muara Tami Lettu Inf Louis L. Meraudje, Danpol TNI AL Kapten Laut (PM) Sudiro, dan Kapolsub Sektor Skouw Iptu Kasrun.

“Adapun acara lomba 17-an yaitu Drum Band SD Negeri Koya Timur, Tarian Yospan SDN 4 Holtekan, Tari Paladah Cenderawasih, Lomba rajut Noken, Pembagian hadiah Lomba Pidato tingkat SD, SMP/MTs dan SMA serta kegiatan pemeriksaan kesehatan untuk masyarakat setempat,” katanya.(Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

41 − = 33