Warga apresiasi sosialisasi pemilu untuk kaum disabilitas

Sosialisasi pemilu untuk kaum disabilitas yang digelar oleh Bawaslu Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Papuaunik, – Warga apresiasi sosialisasi pemilu untuk kaum disabilitas oleh Bawaslu Kota Jayapura, Provinsi Papua.

“Menurut saya, sosialisasi ini pertama kali dilakukan di Papua, terutama di Kota Jayapura,” kata Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kota Jayapura Roby Nyong, di Jayapura, Papua, Minggu.

Menurut dia, apa yang dilakukan oleh Bawaslu Kota Jayapura patut dijadikan contoh oleh penyelenggara lainnya di kabupaten yang ada di Provinsi Papua itu.

“Ini patut diapresiasi dan dijadikan contoh oleh kalangan penyelenggara. Harus ada sosialisasi kepada kami, libatkan kami dalam berbagai diskusi sehingga kami merasa tidak terabaikan,” kata Roby.

Secara terpisah Ade Melani, warga BTN Kampkey, Distrik Abepura, mengapresiasi sosialisasi yang digelar oleh Bawaslu Kota Jayapura kepada kaum disabilitas.

“Saya lihat di koran dan media elektronik, ternyata ada sosialisasi untuk kaum disabilitas oleh Bawaslu Kota Jayapura. Harapannya acara seperti itu dilakukan lebih gencar lagi sebelum hari H pencoblosan,” kata Ade.

Hardin Halidin, salah satu komisioner Bawaslu Kota Jayapura ketika dikonfirmasi mengaku bahwa kegiatan tersebut sebenarnya sudah jauh-jauh hari direncanakan.

“Sebelumnya kami sudah gelar dengan berbagai komunitas di Kota Jayapura, termasuk dengan beberapa kalangan mulai hingga mahasiswa dan pelajar. Kami inginkan pemilu kali ini dipahami oleh semua pihak, dengan harapan tingkat partisipasi lebih maksimal,” katanya.

Tujuan dari sosialisasi itu, kata Hardin untuk memberikan pemahaman soal pemilu legislatif dan presiden, mulai dari surat suara, cara coblos hingga hak-hak konstitusinya.

“Intinya kami ingin mengajak agar warga berbondong-bondong ke TPS pada 17 April 2019 untuk menyalurkan hak suaranya, termasuk para disabilitas di Kota Jayapura,” katanya. (Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 6 = 1