Kaum disabilitas Kota Jayapura ikuti sosialiasi Pemilu oleh Bawaslu

Suasana sosialisasi pemilu untuk kaum disabilitas yang digelar oleh Bawaslu Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Papuaunik, – Kaum disabilitas di Kota Jayapura, Provinsi Papua ikuti sosialisasi pemilu yang digelar oleh Bawaslu setempat di Grand Talent Hotel, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua.

Sosialisasi dengan topik “Hak politik penyandang disabilitas dan pengawsan pemilu partisipatif bersama komunitas difabel Kota Jayapura” itu digelar pada Jumat pekan kemarin.

“Kami ingin menyampaikan bahwa hak konstitusi kaum disabilitas itu sama dengan warga negara yang lainnya, maka itu kami gelar sosialisasi pemilu ini sekaligus mengajak mereka menjadi pengawas partisipatif,” kata Komisioner Bawaslu Kota Jayapura Rinto Pakpahan didampingi rekannya Hardin Halidin.

Menurut dia, dari sosialisasi itu banyak hal yang ditemui seperti persoalan bahwa ada rekan dari kaum disabilitas yang belum terdata dalam pemilih, ada yang belum lakukan perekaman KTP elektronik dan juga ada wacana untuk membuat semacam TPS khusus.

“Berbicara TPS khusus, ide ini sebenarnya sudah ada sejak pilkada lalu tapi didahului oleh Papua Barat, dan disana ada TPS Khusus pada waktu pilkada. Ini yang tadi disampaikan dalam sosialiasasi,” katanya.

Terkait TPS Khusus bagi kaum disabilitas, Rinto mengatakan aturan memperbolehkan hal itu dan tidak melarang. Bawaslu, lanjut dia, akan segera berkoordinasi dan berkomunikasi dengan komisioner KPU Kota Kota Jayapura yang baru dilantik.

“Kami akan komunikasikan hal ini dengan KPU Kota Jayapura, yang terpenting adalah bagaiman akami bisa mendorong mereka terkait hak konstitusinya,” kata Rinto. (Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

38 + = 43