Kapolda Papua minta masyarakat adat jaga generasi muda

Suasana FGD di Grand Abe Hotel, Kota Jayapura, Papua

Papuaunik, – Kapolda Papua Irjen Pol Martuani Sormin meminta kepada masyarakat adat untuk menjaga dan merawat generasi muda agar terhindar dari bahaya narkoba, minuman keras dan hal negatif lainnya.

“Masyarakat adat harus menjaga anak-anak dari bahaya narkoba dan minuman keras, karena masalah terbanyak di setiap kabupaten adalah minuman keras dan ganja yang dapat merusak generasi bangsa,” katanya dalam sambutan kegiatan FGD di Grand Abe Hotel, Kota Jayapura, Selasa.

Mantan Kadiv Propam Mabes Polri itu meminta agar masyarakat adat tidak takut untuk menegur dan melaporkan para penjual minuman keras ilegal yang ada di kabupaten dan kota masing-masing kepada aparat keamanan setempat.

“Para tokoh harus berani menegur dan melaporkan para penjual minuman keras di wilayahnya, berikan informasi kepada anggota kepolisian terkait perbuatan yang tidak pantas, kami akan segera tindak lanjuti,” katanya.

Dengan begitu, lanjut Kapolda, aparat keamanan bisa bertindak dengan tegas dan terukur, tentunya didukung oleh masyarakat adat dalam penegakan hukum jika diperlukan.

“Saya pastikan TNI/Polri tidak melanggar HAM di wilayah pegunungan, karena kami memiliki SOP.

Laksanakan ibadah sesuai agama masing-masing, jangan menjadi saksi dusta kepada sesama umat, namun jadilah garam dan terang bagi dunia,” katanya.

“Kasihilah sesama manusia seperti mengasihi diri sendiri, jangan jadikan masalah kecil menjadi besar hingga perang kampung seperti kasus di Tolikara, Yahukimo, dan Wamena. Tingkatkan akal budi untuk kita semua dengan bersekolah,” katanya lagi. (Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 4 = 3